RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA
Satuan Pendidikan : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Sub Materi Pokok : Besaran dan Pengukuran
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1) mengagumi besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan Tuhan
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:
1) memiliki rasa ingin tahu
2) menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
1) menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain
2) memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:
1) menjaga kebersihan alat dan ruang yang digunakan dalam percobaan
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Indikator:
1) mengidentifikasikan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
2) menggunakan sistem (satuan) internasional untuk menyatakan suatu besaran
3) mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa, dan waktu
4) mengukur besaran pokok dengan satuan baku dan tak baku
5) mengukur besaran pokok dan turunan menggunakan alat ukur yang sesuai.
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator:
1) mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan baku dan tak baku
2) mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
3) mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Diberikan kesempatan melakukan percobaan pengukuran Besaran Pokok dan Besaran Turunan, peserta didik:
1.menunjukkan kekaguman terhadap Ciptaan Tuhan Yang Mahaesa
2.menunjukkan perilaku ilmiah : menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok dalam aktivitas sehari-hari.
3.dapat menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain, serta memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif
Pertemuan Pertama:
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik;
1.mengidentifikasikan besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
2.menggunakan sistem (satuan) internasional dalam menyatakan besaran.
3.mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu
Pertemuan Kedua:
Diberikan penggaris, dan buku, peserta didik dapat
4.mengukur besaran panjang dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
Diberikan jangka sorong, mikrometer skrup, baterai, gelas kosong, kawat tembaga, dan kertas, peserta didik dapat :
5. mengukur diameter luar dan panjang sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan menggunakan jangka sorong.
6. mengukur diameter sebuah kawat tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku tulis dengan mikrometer skrup.
Pertemuan Ketiga:
Diberikan neraca Ohaus, sebuah kelereng, gelas kimia, dan air, peserta didik dapat;
7.mengukur massa sebuah kelereng, massa gelas kimia kosong, dan massa gelas kimia berisi air dengan menggunakan neraca Ohaus.
Diberikan sebuah arloji, stopwatch, peserta didik dapat;
8. menghitung waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari rumah ke sekolah menggunakan arloji, dan waktu yang digunakan untuk berlari (sprint) 100 meter.
Diberikan penggaris dan selembar kertas, peserta didik dapat;
9. mengukur panjang, lebar kertas dengan penggaris, kemudian menentukan luas selembar kertas tersebut.
Diberikan penggaris dan balok kayu, peserta didik dapat;
10. mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan penggaris.
Pertemuan Keempat
Diberikan gelas ukur, sebuah batu kecil, tali, dan air, peserta didik dapat;
11.menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas ukur.
Diberikan gelas berpancuran, gelas ukur, sebuah batu kecil, tali, dan air, peserta didik dapat;
12.menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas berpancuran, dan gelas ukur.
Diberikan gelas ukur, dan air, peserta didik dapat;
13.menentukan volume zat cair menggunakan gelas ukur.
Disediakan sebuah gelas plastik, kapas, biji kacang hijau, pisau, air, penggaris, dan sebuah kamera, peserta didik dapat;
14.mengukur pertumbuhan kecambah selama lima (5) hari, kemudian membuat laporan hasil pengamatan yang telah dilakukan bersama kelompoknya.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Besaran
2. Besaran Pokok dan Besaran Turunan
3. Satuan Baku dan Satuan Tak Baku
4. Pengukuran dengan Satuan Baku dan Satuan Tak Baku
5. Pengukuran Besaran Pokok
6. Pengukuran Besaran Turunan
D. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Keterampilan Proses
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, dan Percobaan
E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
a. Bahan Ajar Berbasis Komputer dan Lingkungan
b. Perangkat Percobaan pada Jelajah Konsep
2. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Panjang dengan Satuan Baku dan Satuan Tak Baku (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Penggaris
|
1 buah
|
2.
|
Buku tulis
|
1 buah
|
3. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Panjang dengan Jangka Sorong dan Mikrometer Skrup (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Jangka sorong
|
1 buah
|
2.
|
Mikrometer skrup
|
1
buah
|
3.
|
Baterai
|
1
buah
|
4.
|
Gelas kosong
|
1
buah
|
5.
|
Kawat tembaga
|
1
buah
|
6
|
Kertas (buku tulis)
|
1
buah
|
4. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Massa (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Neraca Ohaus
|
1 buah
|
2.
|
Kelereng
|
1buah
|
3.
|
Gelas kimia
|
1 buah
|
4.
|
Air
|
2 gelas
|
5. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Waktu
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Arloji per orang
|
1 buah per orang
|
2.
|
Stopwatch
|
1 buah per kelompok
|
6. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Luas (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Penggaris
|
1 buah
|
2.
|
Kertas
|
1 lembar
|
7. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Teratur (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Penggaris
|
1 buah
|
2.
|
Balok kayu
|
1 buah
|
8. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Tidak Teratur dengan Gelas Ukur (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas ukur
|
1 buah
|
2.
|
Batu kecil
|
1 buah
|
3.
|
Tali
|
1 buah
|
4.
|
Air
|
2 gelas
|
9. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Tidak Teratur dengan Gelas Ukur dan Gelas Berpancuran (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas berpancuran
|
1 buah
|
2.
|
Gelas ukur
|
1 buah
|
3.
|
Batu kecil
|
1 buah
|
4.
|
Tali
|
1 buah
|
5.
|
Air
|
2 gelas
|
10. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Volume Zat Cair (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas ukur
|
1 buah
|
2.
|
Air
|
1 gelas
|
11. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Pertumbuhan Makhluk Hidup (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas plastik bekas
|
1 buah
|
2.
|
Kapas
|
Secukupnya
|
3.
|
Biji kacang hijau
|
5 biji
|
4.
|
Penggaris
|
1 buah
|
5.
|
Air
|
Secukupnya
|
6.
|
Kamera
|
1 buah
|
7.
|
Pisau
|
1 buah
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Apa nama alat ukur panjang dalam kehidupan sehari-hari yang kamu ketahui?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
- Alat ukur besaran panjang manakah yang memiliki ketelitian paling tinggi?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari konsep Besaran pada buku IPA, kemudian melakukan diskusi Jelajah Konsep melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab mendata besaran-besaran yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokkannya menjadi besaran pokok dan besaran turunan.
Mengumpulkan Data
2) Memerintahkan peserta didik mencatat data besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
3) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan terkait dengan konsep besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
4) Peserta didik melakukan kerja kelompok, berdiskusi, dan mengemukakan pendapat berdasarkan konsep yang dipelajari.
5) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
6) Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Besaran dan Besaran Pokok.
Mengkomunikasikan
7) Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3) Memberikan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
4) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Besaran Turunan untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Bagaimana cara mengukur panjang sebuah benda dengan penggaris?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
- Apakah perbedaan antara massa dan berat benda?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari konsep Besaran Turunan pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan diskusi melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab mendata besaran-besaran yang turunan yang telah dikenal; Luas, Volume, Berat, Gaya, dan Massa Jenis.
Mengumpulkan Data
2) Memerintahkan peserta didik menuliskan rumus besaran-besaran turunan, kemudian menganalisisnya sehingga diketahui besaran pokok yang menyusun besaran turunan yang bersangkutan.
Menanya
3) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hubungan satuan besaran turunan dengan satuan besaran pokok penyusunnya.
Mengasosiasi
4) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Besaran Turunan yang telah dipelajari.
5) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
6) Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Besaran Turunan.
Mengkomunikasikan
7) Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
5) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
6) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
7) Memberikan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
8) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Satuan Baku dan Satuan Tak Baku untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
- Apakah perbedaan antara satuan baku dan satuan tak baku?
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Berapakah ketelitian penggaris plastik yang biasa kamu gunakan dalam pembelajaran?
Bagaimanakah seorang ahli kunci membuat kunci duplikat?
6) Menuliskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari peserta didik.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang Satuan Baku dan Satuan Tak Baku pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan “Mengukur dengan Satuan Baku dan Tak Baku” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu dengan teliti, dan disiplin.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran panjang benda dengan penggaris pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
4) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran panjang, diameter luar, diameter dalam dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan jangka sorong pada Uji Kompetensi, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
Mengumpulkan Data
5) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep dan Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu.
6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang satuan baku dan satuan tak baku.
Menanya
7) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi diskusi dan percobaan yang telah dilakukan.
Mengasosiasikan
8) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep satuan baku dan satuan tak baku, pengukuran panjang dengan penggaris, serta pengukuran panjang dengan jangka sorong.
9) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
10) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
11) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
12)Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
13)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
14) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan dan menyampaikan pendapatnya.
15) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dan memberikan konfirmasi yang hasil pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
- Berapakah ketelitian mikrometer? (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Bagaimanakah seorang teknisi/reparasi kipas angin mengganti kumparan kawat tembaga agar ukurannya tepat sama dengan kumparan yang akan diganti?
6) Menuliskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari peserta didik.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran panjang dengan mikrometer pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran diameter sebuah kawat dan tebal kertas dengan micrometer skrup pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
Mengumpulkan Data
3) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang pengukuran panjang dengan menggunakan mikrometer skrup.
Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran panjang dengan mikrometer.
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep pengukuran diameter kawat dan tebal kertas dengan mikrometer skrup.
7) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
8) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
11)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman dengan teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik, dan meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran massa yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3. Pertemuan Ketiga (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Berapakah ketelitian arloji dan stopwatch?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Mengapa menimbang emas menggunakan neraca sama lengan?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran massa dengan neraca Ohaus dan neraca duduk pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran massa kelereng, massa gelas kosong, dan massa gelas berisi air pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3)Peserta didik melakukan percobaan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep dan Uji Kompetensi.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang pengukuran massa dengan menggunakan neraca, dan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch.
Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran massa dengan neraca, dan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch.
Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep pengukuran massa dengan neraca, dan pengukuiran waktu dengan arloji dan stopwatch.
8) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran besaran turunan untuk pertemuan berikutnya.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Alat ukur apakah yang digunakan untuk mengukur suhu badan?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara menentukan volume sebuah silinder?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran suhu dan pengukuran besaran turunan pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran luas kertas pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi tentang pengukuran suhu, dan data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Uji Kompetensi.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang pengukuran suhu, pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.
Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran suhu, pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.
Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep pengukuran suhu, dan pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.
8) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, untuk pertemuan berikutnya.
d. Pertemuan Keempat (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Guru meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Guru mengecek kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Berapa meter kubikkah 1 liter itu?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur?
- Bagaimanakah cara mengukur volume zat cair?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dengan gelas ukur pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dengan gelas ukur dan gelas berpancuran pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume zat cair dengan gelas ukur pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
4) Peserta didik melakukan diskusi pengukuran makhluk hidup, dari buku IPA Terpadu.
Mengumpulkan Data
5) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Uji Kompetensi , dan hasil diskusi tentang pengukuran pada makhluk hidup.
6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada makhluk hidup.
Menanya
7) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada makhluk hidup.
Mengasosiasikan
8) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada makhluk hidup.
9) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
10) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
11) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
12) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat simpulan.
13)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
14) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
15) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Penutup (15 menit)
1) Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran dengan teliti.
2) Guru memeriksa pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Guru melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5) Guru memberikan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal Latihan Ulangan Bab 1 dalam Buku IPA Terpadu.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
Ulangan Harian (2 x 40 menit)
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku IPA Terpadu: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2013. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2. Buku IPA Terpadu Kurikulum 2013 Kemdikbud
3. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4. Lembar Kerja Peserta didik
H. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda, Memasangkan, dan Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi besaran dan pengukuran sebagai ciptaan Tuhan
|
||||
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
3
|
menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja sama baik secara individu maupun
berkelompok
|
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi besaran
dan pengukuran sebagai ciptaan Tuhan
|
1: menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap besaran dan
pengukuran dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan
2: belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap besaran
dan pengukuran.
3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat terhadap besaran
dan pengukuran yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
1: menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
1: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Menunjukkan sikap jujur dan
kritis dalam melaksanakan percobaan
|
1: mencatat data hasil
percobaan dengan jujur dan kritis dalam melaksanakan percobaan, menuliskan
data dengan baik, dan rapi.
2: mencatat data hasil
percobaan dengan jujur namun belum terlibat secara aktif dalam melaksanakan
percobaan, data ditulis dengan baik, tetapi rapi.
3: tidak jujur dalam mencatat
data hasil percobaan, belum terlibat secara aktif dalam melaksanakan
percobaan, data tidak ditulis dengan baik, dan rapi.
|
5
|
Menunjukkan sikap cermat, dan
teliti dalam melakukan pengamatan.
|
1: mencatat data hasil
percobaan dengan cermat dan teliti, dan melakukan pengamatan sesuai dengan
prosedur.
2: mencatat data hasil
percobaan dengan cermat dan teliti, namun belum melakukan pengamatan sesuai dengan
prosedur.
3: kurang cermat dan teliti
dalam mencatat data hasil percobaan, dan melakukan pengamatan tidak sesuai
dengan prosedur.
|
6
|
Menunjukkan sikap peduli dengan
lingkungan setelah selama dan setelah proses pembelajaran berakhir.
|
1: merapikan alat dan bahan
setelah percobaan selesai, dan membersihkan peralatan yang digunakan dalam
percobaan.
2: merapikan alat dan bahan setelah percobaan
selesai, tetapi tidak membersihkan peralatan yang digunakan dalam percobaan.
3: tidak merapikan alat dan
bahan setelah percobaan selesai, dan tidak membersihkan peralatan yang
digunakan dalam percobaan.
|
7
|
Menghargai hasil kerja individu
dan kelompok dalam pembelajaran
|
1: selalu menghargai kerja
masing-masing anggota dalam kelompok, dan menghargai hasil kerja kelompok
lain.
2: selalu menghargai kerja masing-masing
anggota dalam kelompok, tetapi kurang
menghargai hasil kerja kelompok lain.
3: tidak pernah menghargai
kerja masing-masing anggota dalam kelompokdan hasil kerja kelompok lain.
|
Catatan:
Deskripsi sikap ini (bersama sikap dari matan pelajaran lain) digunakan untuk
menentukan profil peserta didik.
c. Penilaian Pemahaman Konsep
1) Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2) Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3) Uraian (dalam buku IPA Terpadu)
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
I. Penilaian Pemahaman Konsep
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
1. Jumlah soal = 20 butir soal
2. Bobot tiap soal = 2
3. Skor Ideal = 20 x 2 = 40
B. Bentuk Soal Memasangkan
1. Jumlah soal = 20 butir soal
2. Bobot tiap soal = 3
3. Skor Ideal = 20 x 3 = 60
C. Bentuk Soal Uraian
1. Jumlah soal = 10 butir soal
2. Bobot soal = lihat tabel
3. Skor Ideal = 100
Tabel Penskoran
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a. Jika
menyebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
14
|
14
|
b. Jika
menyebutkan 6 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
12
|
||
c. Jika
menyebutkan 5 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
10
|
||
d. Jika
menyebutkan 4 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
8
|
||
e. Jika
menyebutkan 3 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
6
|
||
f.
Jika
menyebutkan 2 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
4
|
||
g. Jika
menyebutkan 1 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
|
2
|
||
h.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
2
|
a. Jika
mendefinisikan besaran pokok dan besaran turunan dengan benar
|
4
|
4
|
b. Jika
definisi besaran pokok benar, tetapi definisi besaran turunan salah atau
sebaliknya
|
3
|
||
c. Jika
hanya mendefinisikan besaran pokok saja, atau besaran turunan saja
|
2
|
||
d. Jika
mendefinisikan besaran pokok dan turunan, tetapi salah
|
1
|
||
e.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
3
|
a. Jika
menuliskan 5 perbedaan massa dan berat
|
12
|
12
|
b. Jika
menuliskan 4 perbedaan masa dan berat
|
10
|
||
c. Jika
menuliskan 3 perbedaan masa dan berat
|
8
|
||
d. Jika
menuliskan 2 perbedaan masa dan berat
|
6
|
||
e. Jika
menuliskan 1 perbedaan masa dan berat
|
4
|
||
f.
Jika
menjawab, tetapi salah
|
1
|
||
g.
Tidak
menjawab
|
0
|
||
4
|
a. Jika menyebutkan
4 besaran turunan dengan benar
|
4
|
4
|
b. Jika menyebutkan
3 besaran turunan dengan benar
|
3
|
||
c. Jika menyebutkan
2 besaran turunan dengan benar
|
2
|
||
d. Jika menyebutkan
1 besaran turunan dengan benar
|
1
|
||
e.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
5
|
a.
Jika mengerjakan 4 soal dengan benar
|
16
|
16
|
b.
Jika mengerjakan 3 soal dengan benar
|
12
|
||
c.
Jika mengerjakan 2 soal dengan benar
|
8
|
||
d.
Jika mengerjakan 1 soal dengan benar
|
4
|
||
e.
Jika mengerjakan semua soal tetapi tidak ada
yang benar
|
2
|
||
f.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
6
|
a. Mendefinisikan
pengertian pengukuran dengan sempurna dan benar
|
5
|
5
|
b. Mendefinisikan
pengertian pengukuran tetapi kurang sempurna
|
3
|
||
c. Mendefinisikan
pengertian pengukuran tetapi salah.
|
1
|
||
d.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
7
|
a. Menuliskan
perbedaan satuan baku dan tak baku dengan benar
|
10
|
10
|
b. Hanya
menuliskan satuan baku saja atau satuan tak baku saja dengan benar
|
5
|
||
c. Menuliskan
perbedaan satuan baku dan tak baku tetapi jawaban salah
|
3
|
||
d.
Tidak
menjawab
|
0
|
||
8
|
a. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan jawaban benar dilengkapi satuan
|
15
|
15
|
b. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan jawaban benar tetapi tidak dilengkapi satuan
|
12
|
||
c. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan langkah-langkah jawaban benar tetapi belum selesai
|
8
|
||
d. Menuliskan
diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
|
4
|
||
e. Jawaban
salah, dan tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
|
2
|
||
f.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
9
|
a. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan menghitung ketelitian jangka sorong dengan benar
|
5
|
5
|
b. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan menghitung ketelitian jangka sorong tetapi salah
|
3
|
||
c.
Menghitung
ketelitian jangka sorong, tetapi tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
|
1
|
||
d.
Tidak
menjawab
|
0
|
||
10
|
a. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan jawaban benar dilengkapi satuan
|
15
|
15
|
b. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan jawaban benar tetapi tidak dilengkapi satuan
|
12
|
||
c. Menuliskan
diketahui, ditanya, dan langkah-langkah jawaban benar tetapi belum selesai
|
8
|
||
d. Menuliskan
diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
|
4
|
||
e. Jawaban
salah, dan tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
|
2
|
||
f.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
||
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
100
|
Nilai Akhir = (Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian)/2
= (40 + 60 + 100)/2
= 200/2
= 100
II. Penilaian Kinerja Ilmiah
A. Penilaian Proyek I (dalam Buku IPA Terpadu )
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a.
Dapat
mendata masing-masing 5 jenis atau lebih besaran pokok dan besaran turunan.
|
10
|
10
|
b.
Dapat
mendata masing-masing 4 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
|
8
|
|
c.
Dapat
mendata masing-masing 3 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
|
6
|
|
d.
Dapat
mendata masing-masing 2 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
|
4
|
|
e.
Dapat
mendata masing-masing 1 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
|
2
|
|
f.
Mendata
besaran pokok dan besaran turunan tetapi tidak ada yang benar.
|
1
|
|
g.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
|
B. Penilaian Proyek II (dalam Buku IPA Terpadu )
No
Soal
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1a
|
a. Menuliskan
ketelitian jangka sorong dengan benar
|
5
|
5
|
b. Menuliskan
ketelitian jangka sorong tetapi salah
|
2
|
||
c.
Tidak
menuliskan jawaban
|
0
|
||
1b
|
a. Mengukur
diameter dalam, diameter luar, dan kedalaman kaleng dengan jangka sorong
dalam satuan millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
|
15
|
15
|
b. Hanya
mengukur dua komponen pengukuran dengan jangka sorong dalam satuan
millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
|
10
|
||
c. Hanya
mengukur satu komponen pengukuran dengan jangka sorong dalam satuan
millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
|
5
|
||
d.
Tidak
menulis jawaban
|
0
|
||
2.
|
a. Mengukur
diameter kawat dan tebal seng dengan micrometer skrup dalam satuan
millimeter, dan meter dengan benar.
|
10
|
10
|
b. Hanya
mengukur satu komponen pengukuran dalam satuan millimeter, dan meter dengan
benar.
|
5
|
||
c.
Tidak
menulis jawaban
|
0
|
||
Jumlah Skor Maksimum
|
30
|
C. Penilaian Proyek III (dalam Buku IPA Terpadu)
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a.
Data
perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan
kegiatan/pengamatan, dilakukan selama minimal 4 bulan dan dilengkapi dengan
deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
|
10
|
10
|
b.
Data
perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan
kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 3 bulan dan dilengkapi dengan deskripsi
kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
|
8
|
|
c.
Data
perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan
kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 2 bulan tetapi tidak dilengkapi dengan
deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
|
6
|
|
d.
Data
perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan
kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 1 bulan dan tidak dilengkapi dengan
deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
|
4
|
|
D. Penilaian Produk I (dalam Buku IPA Terpadu )
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MEMBUAT BANGUN RUANG
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………………. 4. …………………………….
2. ……………………………. 5. …………………………….
3. …………………………….
TINGKAT
|
Sempurna
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
SKOR
|
KRITERIA
|
|||||
Bangun Ruang
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Perhitungan
Volume
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Perhitungan
Luas Permukaan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
TOTAL SKOR
|
Nilai = ………………….
E. Penilaian Produk II (dalam Buku IPA Terpadu)
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MEMBUAT NERACA SEDERHANA
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………………. 4. …………………………….
2. ……………………………. 5. …………………………….
3. …………………………….
TINGKAT
|
Sempurna
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
SKOR
|
KRITERIA
|
|||||
Desain
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Teknis
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Estetika
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Fungsi
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
TOTAL SKOR
|
Nilai = ………………….
Medan, ..........................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
.................................................. YENI PURWATI, S.Pd
NIP. ......................................... NIP. ................................
Gambling problem gambler on $20 free | DrMCD
BalasHapusGambling 제주 출장샵 problem gambler on $20 free. Learn to learn 안동 출장안마 the best strategies for gambling problem gambler. 공주 출장마사지 Learn to find the 의정부 출장샵 best online 부천 출장안마 casino