Just Give Me a Reason

Sabtu, 01 November 2014

RPP KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

Satuan Pendidikan     : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester       : VII / 1
Sub Materi Pokok    : Besaran dan Pengukuran  
Alokasi Waktu          : 10 x 40 menit

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
 Indikator:
1) mengagumi  besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan Tuhan

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:  
1) memiliki rasa ingin tahu
2) menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
    Indikator:
1) menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain
2) memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif

2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
    Indikator:
1) menjaga kebersihan alat dan ruang yang digunakan dalam percobaan

3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Indikator:
1)  mengidentifikasikan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
2)  menggunakan sistem (satuan) internasional untuk menyatakan suatu besaran
3)  mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa, dan waktu
4)  mengukur besaran pokok dengan satuan baku dan tak baku
5)  mengukur besaran pokok dan turunan menggunakan alat ukur yang sesuai.

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator: 
1)  mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan baku dan tak baku
2) mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
3) mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.    

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Diberikan kesempatan melakukan percobaan pengukuran Besaran Pokok dan Besaran Turunan, peserta didik:
1.menunjukkan kekaguman terhadap  Ciptaan Tuhan Yang Mahaesa
2.menunjukkan perilaku ilmiah : menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok dalam aktivitas sehari-hari.
3.dapat menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain, serta memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif

Pertemuan Pertama:
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik;
1.mengidentifikasikan besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
2.menggunakan sistem (satuan) internasional dalam menyatakan besaran.
3.mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu

Pertemuan Kedua:
Diberikan penggaris, dan buku, peserta didik dapat
4.mengukur besaran panjang dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.

Diberikan jangka sorong, mikrometer skrup, baterai, gelas kosong, kawat tembaga, dan kertas, peserta didik dapat :
5. mengukur diameter luar dan panjang sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan menggunakan jangka sorong.
6. mengukur diameter sebuah kawat tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku tulis dengan mikrometer skrup.

Pertemuan Ketiga:
Diberikan neraca Ohaus, sebuah kelereng, gelas kimia, dan air, peserta didik dapat;
7.mengukur massa sebuah kelereng, massa gelas kimia kosong, dan massa gelas kimia berisi air dengan menggunakan neraca Ohaus.

Diberikan sebuah arloji, stopwatch, peserta didik dapat;
8. menghitung waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari rumah ke sekolah menggunakan arloji, dan waktu yang digunakan untuk berlari (sprint) 100 meter.

Diberikan penggaris dan selembar kertas, peserta didik dapat;
9. mengukur panjang, lebar kertas dengan penggaris, kemudian menentukan luas selembar kertas tersebut.

Diberikan penggaris dan balok kayu, peserta didik dapat;
10. mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan penggaris.

Pertemuan Keempat
Diberikan gelas ukur, sebuah batu kecil, tali, dan air, peserta didik dapat;
11.menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas ukur.

Diberikan gelas berpancuran, gelas ukur, sebuah batu kecil, tali, dan air, peserta didik dapat;
12.menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas berpancuran, dan gelas ukur.

Diberikan gelas ukur, dan air, peserta didik dapat;
13.menentukan volume zat cair menggunakan gelas ukur.

Disediakan sebuah gelas plastik, kapas, biji kacang hijau, pisau, air, penggaris, dan sebuah kamera, peserta didik dapat;
14.mengukur pertumbuhan kecambah selama lima (5) hari, kemudian membuat laporan hasil pengamatan yang telah dilakukan bersama kelompoknya.

C. MATERI PEMBELAJARAN  
1.    Besaran
2.    Besaran Pokok dan Besaran Turunan
3.    Satuan Baku dan Satuan Tak Baku
4.    Pengukuran dengan Satuan Baku dan Satuan Tak Baku
5.    Pengukuran Besaran Pokok
6.    Pengukuran Besaran Turunan

D. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Pendekatan                        : Keterampilan Proses
2. Metode Pembelajaran        : Diskusi, dan Percobaan

E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
     a. Bahan Ajar Berbasis Komputer dan Lingkungan
b.  Perangkat Percobaan pada Jelajah Konsep

2. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Panjang dengan Satuan Baku dan Satuan Tak Baku (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Penggaris
1 buah
2.
Buku tulis
1 buah


3. Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Panjang dengan Jangka Sorong dan Mikrometer Skrup (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Jangka sorong
1 buah
2.
Mikrometer skrup
1 buah
3.
Baterai
1 buah
4.
Gelas kosong
1 buah
5.
Kawat tembaga
1 buah
6
Kertas (buku tulis)
1 buah


4.  Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Massa (untuk setiap kelompok)



No.
Jenis
Jumlah
1.
Neraca Ohaus
1 buah
2.
Kelereng
1buah
3.
Gelas kimia
1 buah
4.
Air
2 gelas
 

5.    Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Besaran Waktu 


No.
Jenis
Jumlah
1.
Arloji per orang
1 buah per orang
2.
Stopwatch
1 buah per kelompok


6.    Alat dan Bahan Percobaan Mengukur Luas (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Penggaris
1 buah
2.
Kertas
1 lembar


7.   Alat dan Bahan Percobaan  Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Teratur  (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Penggaris
1 buah
2.
Balok kayu
1 buah


8.   Alat dan Bahan Percobaan  Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Tidak Teratur dengan Gelas Ukur (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Gelas ukur
1 buah
2.
Batu kecil
1 buah
3.
Tali
1 buah
4.
Air
2 gelas


9.   Alat dan Bahan Percobaan  Mengukur Volume Benda yang Bentuknya Tidak Teratur dengan Gelas Ukur dan Gelas Berpancuran (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Gelas berpancuran
1 buah
2.
Gelas ukur
1 buah
3.
Batu kecil
1 buah
4.
Tali
1 buah
5.
Air
2 gelas


10.  Alat dan Bahan Percobaan  Mengukur Volume Zat Cair (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Gelas ukur
1 buah
2.
Air
1 gelas


11.  Alat dan Bahan Percobaan  Mengukur Pertumbuhan Makhluk Hidup (untuk setiap kelompok)



No.
Jenis
Jumlah
1.
Gelas plastik bekas
1 buah
2.
Kapas
Secukupnya
3.
Biji kacang hijau
5 biji
4.
Penggaris
1 buah
5.
Air
Secukupnya
6.
Kamera
1 buah
7.
Pisau
1 buah
 

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama (5 x 40 menit)
    Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Apa nama alat ukur panjang dalam kehidupan sehari-hari yang kamu ketahui?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
-    Alat ukur besaran panjang manakah yang memiliki ketelitian paling tinggi?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik

b.    Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari konsep Besaran pada buku IPA, kemudian melakukan diskusi Jelajah Konsep melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab  mendata besaran-besaran yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokkannya menjadi besaran pokok dan besaran turunan.

Mengumpulkan Data
2) Memerintahkan peserta didik mencatat data besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
3)  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan terkait dengan konsep besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasosiasi
4)  Peserta didik melakukan kerja kelompok, berdiskusi, dan mengemukakan pendapat berdasarkan konsep yang dipelajari.
5) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
6)  Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Besaran dan Besaran Pokok.

Mengkomunikasikan
7)  Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.
c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3) Memberikan  tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
4) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Besaran Turunan  untuk persiapan pertemuan yang akan datang. 

    Tatap Muka Ke: 2  (2 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Bagaimana cara mengukur panjang sebuah benda dengan penggaris?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
-    Apakah perbedaan antara massa dan berat benda?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik

b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari konsep Besaran Turunan pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan diskusi melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab  mendata besaran-besaran yang turunan yang telah dikenal; Luas, Volume, Berat, Gaya, dan Massa Jenis.

Mengumpulkan Data
2) Memerintahkan peserta didik menuliskan rumus besaran-besaran turunan, kemudian menganalisisnya sehingga diketahui besaran pokok yang menyusun besaran turunan yang bersangkutan.

Menanya
3) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hubungan satuan besaran turunan dengan satuan besaran pokok penyusunnya.

Mengasosiasi
4)  Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Besaran Turunan yang telah dipelajari.
5) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
6) Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Besaran Turunan.

Mengkomunikasikan
7)  Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.

c.  Kegiatan Penutup (15 menit)
5) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
6) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
7) Memberikan  tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
8) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Satuan Baku dan Satuan Tak Baku  untuk persiapan pertemuan yang akan datang. 

2.    Pertemuan Kedua (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi  mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
     - Apakah perbedaan antara satuan baku dan satuan tak baku?
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Berapakah ketelitian penggaris plastik yang biasa kamu gunakan dalam pembelajaran?
Bagaimanakah seorang ahli kunci membuat kunci duplikat?
6) Menuliskan tujuan  pembelajaran dan cakupan materi yang akan  dipelajari peserta didik.

b. Kegiatan Inti (95 menit) 
      Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang Satuan Baku dan Satuan Tak Baku  pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan “Mengukur dengan Satuan Baku dan Tak Baku” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu dengan teliti, dan disiplin.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran panjang benda dengan penggaris pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
4) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran panjang, diameter luar, diameter dalam dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan jangka sorong pada Uji Kompetensi, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.

Mengumpulkan Data
5)  Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep dan Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu.
6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang satuan baku dan satuan tak baku.

Menanya
7) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi diskusi dan percobaan yang telah dilakukan.

Mengasosiasikan
8) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  satuan baku dan satuan tak baku, pengukuran panjang dengan penggaris, serta pengukuran panjang dengan jangka sorong.
9) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
10) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
11) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
12)Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
13)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
14) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan  dan menyampaikan pendapatnya.
15) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dan memberikan konfirmasi yang hasil pembelajaran.

c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)  Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi  mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
- Berapakah ketelitian mikrometer? (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
5)  Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Bagaimanakah seorang teknisi/reparasi kipas angin mengganti kumparan kawat tembaga agar ukurannya tepat sama dengan kumparan yang akan diganti?
6)  Menuliskan tujuan  pembelajaran dan cakupan materi yang akan  dipelajari peserta didik.

b. Kegiatan Inti (55 menit)
 Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran panjang dengan mikrometer  pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran diameter sebuah kawat dan tebal kertas dengan micrometer skrup pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.

Mengumpulkan Data
3)  Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
4)  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang pengukuran panjang dengan menggunakan mikrometer skrup.

Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran panjang dengan mikrometer.

Mengasosiasikan
6)  Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  pengukuran diameter kawat dan tebal kertas dengan mikrometer skrup.
7)  Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
8)  Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9)  Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
11)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan  dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman dengan teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik, dan meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran massa yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

3.    Pertemuan Ketiga (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3)  Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)  Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Berapakah ketelitian arloji dan stopwatch?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Mengapa menimbang emas menggunakan neraca sama lengan? 
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik

b.    Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran massa dengan neraca Ohaus dan neraca duduk pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran massa kelereng, massa gelas kosong, dan massa gelas berisi air  pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3)Peserta didik melakukan percobaan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch pada Uji Kompetensi dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.

Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep dan Uji Kompetensi.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang pengukuran massa dengan menggunakan neraca, dan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch.

Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran massa dengan neraca, dan pengukuran waktu dengan arloji dan stopwatch.

Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  pengukuran massa dengan neraca, dan pengukuiran waktu dengan arloji dan stopwatch.
8)  Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)  Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran besaran turunan untuk pertemuan berikutnya.

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Alat ukur apakah yang digunakan untuk mengukur suhu badan?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara menentukan volume sebuah silinder? 
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik

b.    Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang pengukuran suhu dan pengukuran besaran turunan pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran luas kertas pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.

Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi tentang pengukuran suhu, dan data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Uji Kompetensi.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang pengukuran suhu, pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.

Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran suhu, pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.

Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  pengukuran suhu, dan pengukuran luas, dan pengukuran volume benda yang bentuknya teratur.
8)  Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)  Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3)  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4)  Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, untuk pertemuan berikutnya.

d.    Pertemuan Keempat (5 x 40 menit)
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Guru meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)  Guru mengecek kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)  Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Berapa meter kubikkah 1 liter itu?
5)  Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur?
- Bagaimanakah cara mengukur volume zat cair?
6)  Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
   
b.    Kegiatan inti  (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dengan gelas ukur pada Jelajah Konsep  dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
2) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dengan gelas ukur dan gelas berpancuran pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
3) Peserta didik melakukan percobaan pengukuran volume zat cair dengan gelas ukur pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mengamati hasil percobaan yang telah dilakukan, dengan cermat dan teliti.
4) Peserta didik melakukan diskusi pengukuran makhluk hidup, dari buku IPA Terpadu.

Mengumpulkan Data
5) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Uji Kompetensi , dan hasil diskusi tentang pengukuran pada makhluk hidup.
6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada makhluk hidup.

Menanya
7) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada  makhluk hidup.

Mengasosiasikan
8) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur, pengukuran volume zat cair, dan pengukuran pada  makhluk hidup.
9)   Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
10) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
11) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
12) Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat simpulan.
13)Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
14) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
15) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Penutup (15 menit)
1) Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran dengan teliti.
2) Guru memeriksa pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Guru melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran    kooperatif.
5) Guru memberikan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan  tugas untuk mengerjakan soal-soal Latihan Ulangan Bab 1 dalam Buku IPA Terpadu.

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
Ulangan Harian (2 x 40 menit)
   

G. SUMBER BELAJAR
1.  Buku IPA Terpadu: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2013. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2.    Buku IPA Terpadu Kurikulum 2013 Kemdikbud
3.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4.    Lembar Kerja Peserta didik

H.  PENILAIAN
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen



Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
Tes Unjuk Kerja
Uji Petik Kerja dan Rubrik
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio
   

2. Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap



No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  besaran dan pengukuran  sebagai ciptaan Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja sama baik secara individu maupun berkelompok




 
b.   Rubrik Penilaian Sikap


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi   besaran dan pengukuran sebagai ciptaan Tuhan
1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  besaran dan pengukuran dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
 2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap besaran dan pengukuran.
 3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  besaran dan pengukuran yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu
1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Menunjukkan sikap jujur dan kritis dalam melaksanakan percobaan
1: mencatat data hasil percobaan dengan jujur dan kritis dalam melaksanakan percobaan, menuliskan data dengan baik, dan rapi.
2: mencatat data hasil percobaan dengan jujur namun belum terlibat secara aktif dalam melaksanakan percobaan, data ditulis dengan baik, tetapi rapi.
3: tidak jujur dalam mencatat data hasil percobaan, belum terlibat secara aktif dalam melaksanakan percobaan, data tidak ditulis dengan baik, dan rapi.
5
Menunjukkan sikap cermat, dan teliti dalam melakukan pengamatan.
1: mencatat data hasil percobaan dengan cermat dan teliti, dan melakukan pengamatan sesuai dengan prosedur.
2: mencatat data hasil percobaan dengan cermat dan teliti, namun belum  melakukan pengamatan sesuai dengan prosedur.
3: kurang cermat dan teliti dalam mencatat data hasil percobaan, dan melakukan pengamatan tidak sesuai dengan prosedur.
6
Menunjukkan sikap peduli dengan lingkungan setelah selama dan setelah proses pembelajaran berakhir.
1: merapikan alat dan bahan setelah percobaan selesai, dan membersihkan peralatan yang digunakan dalam percobaan.
2:  merapikan alat dan bahan setelah percobaan selesai, tetapi tidak membersihkan peralatan yang digunakan dalam percobaan.
3: tidak merapikan alat dan bahan setelah percobaan selesai, dan tidak membersihkan peralatan yang digunakan dalam percobaan.
7
Menghargai hasil kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran
1: selalu menghargai kerja masing-masing anggota dalam kelompok, dan menghargai hasil kerja kelompok lain.
2:  selalu menghargai kerja masing-masing anggota dalam kelompok, tetapi kurang  menghargai hasil kerja kelompok lain.
3: tidak pernah menghargai kerja masing-masing anggota dalam kelompokdan hasil kerja kelompok lain.

Catatan: Deskripsi sikap ini (bersama sikap dari matan pelajaran lain) digunakan untuk menentukan profil peserta didik.


c.    Penilaian Pemahaman Konsep
1)    Pilihan Ganda  (dalam buku IPA Terpadu)
2)    Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3)    Uraian (dalam buku IPA Terpadu)

Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian

I.    Penilaian Pemahaman Konsep
A.    Bentuk Soal Pilihan Ganda
1.    Jumlah soal                = 20 butir soal
2.    Bobot tiap soal          = 2
3.    Skor Ideal                 = 20 x 2  = 40
B.    Bentuk Soal Memasangkan
1.    Jumlah soal                = 20 butir soal
2.    Bobot tiap soal          = 3
3.    Skor Ideal                 = 20 x 3 = 60
C.    Bentuk Soal Uraian
1.    Jumlah soal               = 10 butir soal
2.    Bobot soal                = lihat tabel
3.    Skor    Ideal             = 100

       Tabel Penskoran


No
Soal
Hasil Pengerjaan soal
Skor
Skor Maksimal
1
a.    Jika menyebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
14
14
b.     Jika menyebutkan 6 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
12
c.     Jika menyebutkan 5 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
10
d.     Jika menyebutkan 4 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
8
e.     Jika menyebutkan 3 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
6
f.       Jika menyebutkan 2 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
4
g.     Jika menyebutkan 1 besaran pokok beserta satuannya dengan benar
2
h.      Jika tidak menjawab
0




2
a. Jika mendefinisikan besaran pokok dan besaran turunan dengan benar
4
4
b. Jika definisi besaran pokok benar, tetapi definisi besaran turunan salah atau sebaliknya
3
c.  Jika hanya mendefinisikan besaran pokok saja, atau besaran turunan saja
2
d. Jika mendefinisikan besaran pokok dan turunan, tetapi salah 
1
e.       Jika tidak menjawab
0





3
a.  Jika menuliskan 5 perbedaan massa dan berat
12
12
b.  Jika menuliskan 4 perbedaan masa dan berat
10
c.   Jika menuliskan 3 perbedaan masa dan berat
8
d.  Jika menuliskan 2 perbedaan masa dan berat
6
e.   Jika menuliskan 1 perbedaan masa dan berat
4
f.       Jika menjawab, tetapi salah
1
g.       Tidak menjawab
0




4
a.  Jika  menyebutkan  4 besaran turunan dengan benar
4
4
b.  Jika  menyebutkan  3 besaran turunan dengan benar
3
c.  Jika  menyebutkan  2 besaran turunan dengan benar
2
d.  Jika  menyebutkan  1 besaran turunan dengan benar
1
e.       Jika tidak menjawab
0




5
a.       Jika  mengerjakan 4 soal dengan benar
16
16
b.      Jika  mengerjakan 3 soal dengan benar
12
c.       Jika  mengerjakan 2 soal dengan benar
8
d.      Jika  mengerjakan 1 soal dengan benar
4
e.    Jika  mengerjakan semua soal tetapi tidak ada yang benar
2
f.       Jika tidak menjawab
0




6
a. Mendefinisikan pengertian pengukuran dengan sempurna dan benar
5
5
b.   Mendefinisikan pengertian pengukuran tetapi kurang sempurna
3
c.    Mendefinisikan pengertian pengukuran tetapi salah.
1
d.      Jika tidak menjawab
0





7
a.      Menuliskan perbedaan satuan baku dan tak baku dengan benar
10
10
b.   Hanya menuliskan satuan baku saja atau satuan tak baku saja dengan benar
5
c.      Menuliskan perbedaan satuan baku dan tak baku tetapi jawaban salah
3
d.      Tidak menjawab
0




8
a.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan jawaban benar dilengkapi satuan
15
15
b.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan jawaban benar tetapi tidak dilengkapi satuan
12
c.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan langkah-langkah jawaban benar tetapi belum selesai
8
d. Menuliskan diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
4
e. Jawaban salah, dan tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
2
f.       Jika tidak menjawab
0




9
a. Menuliskan diketahui, ditanya, dan menghitung ketelitian jangka sorong dengan benar
5
5
b. Menuliskan diketahui, ditanya, dan menghitung ketelitian jangka sorong tetapi salah
3
c.       Menghitung ketelitian jangka sorong, tetapi tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
1
d.      Tidak menjawab
0




10
a.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan jawaban benar dilengkapi satuan
15
15
b.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan jawaban benar tetapi tidak dilengkapi satuan
12
c.     Menuliskan diketahui, ditanya, dan langkah-langkah jawaban benar tetapi belum selesai
8
d. Menuliskan diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
4
e. Jawaban salah, dan tidak menuliskan diketahui, dan ditanya
2
f.       Jika tidak menjawab
0




JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
100


Nilai Akhir      = (Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian)/2
                      = (40 + 60 + 100)/2
                      = 200/2
                      = 100

II.    Penilaian Kinerja Ilmiah
A.    Penilaian Proyek I (dalam Buku IPA Terpadu )


Hasil Kegiatan
Skor
Skor Maksimum
a.    Dapat mendata masing-masing 5 jenis atau lebih besaran pokok dan besaran turunan.
10
10
b.   Dapat mendata masing-masing 4 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
8
c.    Dapat mendata masing-masing 3 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
6
d.   Dapat mendata masing-masing 2 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
4
e.    Dapat mendata masing-masing 1 jenis besaran pokok dan besaran turunan.
2
f.    Mendata besaran pokok dan besaran turunan tetapi tidak ada yang benar.
1
g.    Jika tidak menjawab
0







B.    Penilaian Proyek II (dalam Buku IPA Terpadu )



No
Soal
Indikator Penilaian
Skor

Skor Maksimal
1a
a.   Menuliskan ketelitian jangka sorong dengan benar
5
5
b.  Menuliskan ketelitian jangka sorong tetapi salah
2
c.       Tidak menuliskan jawaban
0


1b
a.     Mengukur diameter dalam, diameter luar, dan kedalaman kaleng dengan jangka sorong dalam satuan millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
15




15
b.  Hanya mengukur dua komponen pengukuran dengan jangka sorong dalam satuan millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
10




c.  Hanya mengukur satu komponen pengukuran dengan jangka sorong dalam satuan millimeter, sentimeter, dan meter dengan benar.
5



d.         Tidak menulis jawaban
0


2.
a.       Mengukur diameter kawat dan tebal seng dengan micrometer skrup dalam satuan millimeter, dan meter dengan benar.
10



10
b.  Hanya mengukur satu komponen pengukuran dalam satuan millimeter, dan meter dengan benar.
5



c.          Tidak menulis jawaban
0

Jumlah Skor Maksimum

30

C.    Penilaian Proyek III (dalam Buku IPA Terpadu)


Hasil Kegiatan
Skor
Skor Maksimum
a.     Data perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan kegiatan/pengamatan, dilakukan selama minimal 4 bulan dan dilengkapi dengan deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
10
10
b.   Data perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 3 bulan dan dilengkapi dengan deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
8
c.    Data perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 2 bulan tetapi tidak dilengkapi dengan deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
6
d.   Data perkembangan berat badan anak disajikan dengan lengkap dalam bentuk laporan kegiatan/pengamatan, dilakukan hanya 1 bulan dan tidak dilengkapi dengan deskripsi kaitannya dengan pemenuhan gizi pada anak balita yang bersangkutan.
4





D.    Penilaian Produk I (dalam Buku IPA Terpadu )

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MEMBUAT BANGUN RUANG

Nama Kelompok    : ……………………………….
Anggota        :  1. …………………………….        4. …………………………….
                       2. …………………………….        5. …………………………….
                       3. …………………………….   
   

TINGKAT
Sempurna
Bagus
Cukup
Kurang

SKOR
KRITERIA
Bangun Ruang
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Membuat 5 bangun ruang dengan baik dan benar
Description: Description: checkbox Membuat 4 bangun ruang dengan baik dan benar
Description: Description: checkbox Membuat 3 bangun ruang dengan baik dan benar
Description: Description: checkbox Membuat 1-2 bangun ruang dengan baik dan benar

Perhitungan Volume
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Menghitung volume 5 bangun ruang dengan satuan cm3 dan m3.
Description: Description: checkbox Menghitung volume 4 bangun ruang dengan satuan cm3 dan m3.
Description: Description: checkbox Menghitung volume 3 bangun ruang dengan satuan cm3 dan m3.
Description: Description: checkbox Menghitung volume 1-2 bangun ruang dengan satuan cm3 dan m3.
Perhitungan Luas Permukaan
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Menghitung luas permukaan 5 bangun dengan satuan  cm2 dan m2 dengan benar
Description: Description: checkbox Menghitung luas permukaan 4 bangun dengan satuan  cm2 dan m2 dengan benar.
Description: Description: checkbox Menghitung luas permukaan 3 bangun dengan satuan  cm2 dan m2 dengan benar.
Description: Description: checkbox Menghitung luas permukaan 1-2 bangun dengan satuan  cm2 dan m2 dengan benar.
TOTAL SKOR



Nilai =   ………………….


E.    Penilaian Produk II (dalam Buku IPA Terpadu)

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MEMBUAT NERACA SEDERHANA

Nama Kelompok    : ……………………………….
Anggota        : 1. …………………………….        4. …………………………….
                       2. …………………………….        5. …………………………….
                       3. …………………………….   
   




TINGKAT
Sempurna
Bagus
Cukup
Kurang

SKOR
KRITERIA
Desain
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Rancangan neraca dibuat dengan baik, rapi, dan proporsional sesuai dengan bahan yang tersedia, serta dilengkapi dengan keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan neraca dibuat dengan baik, rapi, tetapi tidak proporsional dan tidak sesuai dengan bahan yang tersedia, dan dilengkapi keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan neraca dibuat kurang baik, kurang rapi, dan tidak proporsional berdasarkan bahan yang tersedia, tetapi dilengkapi dengan keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan neraca dibuat tidak baik, kurang rapi, tidak proporsional berdasarkan bahan yang tersedia, dan tidak dilengkapi dengan keterangan.




Teknis
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan, penjepit kertas dipasang di tengah-tengah sehingga lengan neraca seimbang, lengan neraca dan jarum penunjuk mudah bergerak.
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan, penjepit kertas dipasang di tengah-tengah sehingga lengan neraca seimbang, lengan neraca dan jarum penunjuk bergerak kurang lancar.
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan, lengan neraca tidak seimbang, lengan neraca  bergerak kurang lancar, tetapi jarum penunjuk mudah bergerak.
Description: Description: checkbox Ukuran bahan kurang tepat, lengan neraca tidak seimbang, lengan neraca dan jarum penunjuk bergerak kurang lancar.
Estetika
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Tali penggantung piring neraca dibuat sama panjang, jarak antartali penggantung sama panjang, jarak antar skala neraca sama panjang, pensil sebagai jarum penunjuk skala dibuat runcing.
Description: Description: checkbox Tali penggantung piring neraca dibuat sama panjang, jarak antartali penggantung sama panjang, jarak antar skala neraca sama panjang, tetapi pensil sebagai jarum penunjuk skala dibuat tidak runcing
Description: Description: checkbox Tali penggantung piring neraca dibuat sama panjang, jarak antartali penggantung sama panjang, tetapi jarak antar skala neraca tidak sama, dan pensil sebagai jarum penunjuk skala dibuat tumpul.
Description: Description: checkbox Tali penggantung piring neraca dibuat sama panjang, tetapi jarak antartali penggantung tidak sama panjang, jarak antar skala neraca tidak sama, dan   pensil sebagai jarum penunjuk skala dibuat tumpul.


Fungsi
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Neraca dapat bekerja dengan baik, jarum penunjuk tepat menunjuk angka nol dan dapat digunakan untuk menimbang beban dengan baik.
Description: Description: checkbox Neraca dapat bekerja,  jarum penunjuk tidak menunjuk angka nol, namun dapat digunakan untuk menimbang beban dengan baik.
Description: Description: checkbox Neraca bekerja kurang baik, hanya dapat digunakan untuk menimbang beban dengan massa tertentu.
Description: Description: checkbox Neraca bekerja kurang baik, karena jarum penunjuk tidak dapat bergerak.
TOTAL SKOR


Nilai =  ………………….

                                                                                                            Medan, ..........................................
    Mengetahui,                                                                                      Guru Mata Pelajaran  IPA
    Kepala Sekolah SMP Amalia       



    ..................................................                                                       YENI PURWATI, S.Pd
    NIP. .........................................                                                        NIP. ................................

1 komentar:

  1. Gambling problem gambler on $20 free | DrMCD
    Gambling 제주 출장샵 problem gambler on $20 free. Learn to learn 안동 출장안마 the best strategies for gambling problem gambler. 공주 출장마사지 Learn to find the 의정부 출장샵 best online 부천 출장안마 casino

    BalasHapus

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"