RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Satuan Pendidikan : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit ( 2 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar. Indikator:
a. membedakan antara benda tak hidup dengan makhluk hidup
b. menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
c. menjelaskan ciri-ciri benda tak hidup
d. menyebutkan contoh makhluk hidup
e. meyebutkan contoh benda tak hidup
4.2 Membuat laporan hasil pengelompokkan tentang makhluk hidup dan benda tak hidup. Indikator:
a. menyajikan laporan sederhana hasil pengelompokkan makhluk hidup dan benda tak hidup.5.2 Membuat laporan hasil percobaan proses fotosintesis. Indikator:
a. menyajikan laporan sederhana hasil percobaan proses fotosintesis
b. melakukan tes proses fotosintesis menggunakan charta alat tes
6.2 Membuat laporan hasil respirasi pada hewan.Indikator:
a. menyajikan laporan sederhana hasil respirasi pada hewan
b. melakukan tes respirasi pada hewan menggunakan charta alat tes
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melakukan kegiatan identifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup, siswa menunjukkan kekaguman terhadap keesaan Tuhan.
2. Melakukan pengamatan proses fotosintesis dan respirasi pada hewan, siswa menunjukkan perilaku ilmiah: rasa ingin tahu (curiosity), jujur, teliti, cermat dan tekun dalam aktifitas sehari-hari
Pertemuan ke: 1.
3. Melalui kegiatan pengamatan terhadap benda-benda, siswa dapat:
a. mengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup.
b. menyebutkan alasan pengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup.
4. Melalui kegiatan proses fotosintesis, siswa dapat:
a. mengetahui zat yang dihasilkan dalam proses fotosintesis.
b. menjelaskan pengertian autotrof atau produsen.
Pertemuan ke: 2.
5. Melalui kegiatan peka terhadap rangsang tumbuhan putri malu, siswa dapat:
a. mengetahui pengaruh jenis rangsangan pada tumbuhan putri malu terhadap lama efek rangsangan.
b. faktor-faktor yang menyebabkan gerakan menutup pada daun tumbuhan putri malu.
6. Setelah melakukan percobaan respirasi pada hewan(lipas/belalang), siswa dapat:
a. mengetahui gas yang digunakan selama respirasi.
b. menghitung jumlah gas yang digunakan selama respirasi.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengelompokkan makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya.
2. Proses Fotosintesis.
3. Proses peka terhadap rangsang pada tumbuhan putri malu.
4. Proses respirasi pada hewan dengan respirometer.
D. PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode Pembelajaran : Discovery dan diskusi Informasi
E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
a. Charta dan tabel pengamatan.
b. Perangkat percobaan fotosintesis, peka terhadap rangsang pada tumbuhan putri malu,
dan respirasi pada hewan.
2. Alat dan Bahan
a. Alat dan bahan Percobaan Proses Fotosintesis (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas kimia
|
2
|
15.
|
Botol
|
1
|
2.
|
Cawan petri
|
1
|
16.
|
Sumbat
|
1
|
3.
|
Pipet tetes
|
1
|
17.
|
Pipa berskala, berpenampang 2 mm
|
1
|
4.
|
Tabung reaksi
|
2
|
18.
|
Kawat kecil
|
secukupnya
|
5.
|
Lampu spiritus
|
1
|
19.
|
Larutan KOH
|
secukupnya
|
6.
|
Kaki tiga + kasa
|
2
|
20.
|
Parafin/lilin
|
secukupnya
|
7.
|
Pinset
|
1
|
21.
|
Tisu
|
Secukupnya
|
8.
|
Penjepit tabung reaksi
|
1
|
22.
|
Lipas/ belalang
|
1 ekor
|
9.
|
Kertas timah
|
Secukupnya
|
|
|
|
10
|
Isolasi/selotif
|
Secukupnya
|
|
|
|
11.
|
Alkohol
|
Secukupnya
|
|
|
|
12.
|
Larutan iodin/Lugol
|
Secukupnya
|
|
|
|
13.
|
Air
|
Secukupnya
|
|
|
|
14.
|
Daun
|
Secukupnya
|
|
|
|
b. Alat dan bahan Percobaan Peka terhadap rangsang (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Tumbuhan putri malu
|
Secukupnya
|
3.
|
Lidi dan korek api
|
1
|
2.
|
Pensil runcing
|
1
|
4.
|
Pencatat waktu/arloji
|
1
|
c. Alat dan bahan Percobaan Respirasi pada hewan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Botol
|
1
|
5.
|
Larutan KOH
|
secukupnya
|
2.
|
Sumbat
|
1
|
6.
|
Parafin/lilin
|
secukupnya
|
3.
|
Pipa berskala, berpenampang 2 mm
|
1 batang
|
7.
|
Tissu
|
secukupnya
|
4.
|
Kawat kecil
|
Secukupnya
|
8.
|
Lipas/belalang
|
1 ekor
|
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:ciri-ciri kehidupan.
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah persamaan dan perbedaan ciri-ciri antara ayam dengan mobil ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1) Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu Erlangga dengan teliti
2) Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing ciri-ciri makhluk hidup dengan cermat (eksplorasi)
Menanya:
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4) Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian ciri-ciri makhluk hidup (elaborasi)
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman tentang konsep ciri-ciri makhluk hidup.
7) Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8) Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9). Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang konsep ciri-ciri makhluk hidup dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10). Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11). Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran minggu yang lalu, yaitu ciri-ciri makluk hidup dengan pertanyaan: sebutkan ciri-ciri makhluk hidup?
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah zat yang dihasilkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada proses fotosintesis.
2) Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3) Siswa mengamati rancangan kegiatan percobaan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Menanya
4) Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada proses fotosintesis.
5) Siswa mengajukan pertanyaan terkait percobaan yang akan dilakukan.
Mengumpulkan data
6) Siswa melakukan percobaan proses fotosintesis.
7) siswa mencatat hasil percobaan proses fotosintesis.
Mengasosiasi
8) Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang proses fotosintesis yang terjadi dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
9) Siswa membandingkan hasil prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
10) Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil percobaan proses fotosintesis.
Mengkomunikasikan
11) Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pecobaannya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa hasil fotosintsesis.
2) Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
2. Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:ciri-ciri makhluk hidup.
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah semua bagian tubuh makhluk hidup mempunyai
peka terhadap rangsang yang sama ?
- guru menanyakan: gas apakah yang digunakan oleh makhluk hidup untuk bernapas ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1). Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2). Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing ciri-ciri makhluk hidup ( peka terhadap rangsang dan respirasi) dengan cermat (eksplorasi)
Menanya:
3). Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4). Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5). Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian ciri-ciri makhluk hidup tentang peka terhadap rangsang dan respirasi pada hewan (elaborasi)
Mengasosiasikan
6). Melakukan pengecekan pemahaman tentang konsep peka terhadap rangsang
dan respirasi pada hewan.
7). Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8). Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9). Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang konsep peka terhadap rangsang dan respirasi serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10).Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11).Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1). Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara
teliti.
2). Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan.
3). Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan
dengan jujur dan obyektif
4). Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5). Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
Ulangan Harian.
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku IPA Terpadu Tim Abdi Guru: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2. Buku IPA Kurikulum 2013 Kemdikbud
3. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4. Lembar Kerja Peserta didik
H. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda, Memasangkan, dan Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi energi
ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin
tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
3: menunjukkan
ekspresi kekaguman bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara
eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh
minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.
1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan
verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa
ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa
ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu.
2: berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Catatan:
Deskripsi sikap ini (bersama sikap dari mata pelajaran lain) digunakan untuk menentukan profil
siswa.
c. Penilaian Kinerja Ilmiah
1) Penilaian Proyek (dalam buku IPA Terpadu)
2) Penilaian Produk (dalam buku IPA Terpadu)
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a.
Dijawab lengkap 8 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 7 benar
|
8
|
||
c.
Dijawab 6 benar
|
6
|
||
d.
Dijawab 5 benar
|
4
|
||
e.
Dijawab kurang 5 benar
|
2
|
||
f.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
2
|
a.
Dijawab lengkap
dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar
|
3
|
||
d.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
3
|
a.
Dijawab lengkap 3 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 2 benar
|
6
|
||
c.
Dijawab 1 benar
|
3
|
||
d.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
4
|
a.
Dijawab lengkap
dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar benar
|
3
|
||
d.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
5
|
a.
Dijawab lengkap 8 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 6 benar
|
8
|
||
c.
Dijawab 4 benar
|
5
|
||
d.
Dijawab 2 benar
|
3
|
||
e.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
|
|
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
|
50
|
Nilai
Akhir = Skor Pilihan Ganda + Skor
Memasangkan + Skor Uraian
= 20 + 30 + 50
= 100
d. Penilaian Proyek
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a.
Dijawab lengkap 2 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 1 benar
|
5
|
|
c.
Tak ada jawaban
|
0
|
e. Penilaian Produk
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MEDIA IDENTIFIKASI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP ATAU BENDA
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………… 4. …………………………
2. ……………………… 5. …………………………
3. ………………………
Laporan / Hasil karya
KRITERIA
|
SKOR
|
SKOR
|
|||
5
|
4
|
3
|
2
|
||
Desain
|
Gambar baik, ada keterangan
|
Gambar baik, tidak
ada keterangan
|
Gambar
tidak baik,
ada ketearngan
|
Gambar tidak baik,
tidak ada keterangan
|
|
Kerapian
|
Media benar,
letak proporsional
|
Media benar, letak tidak proporsional
|
Media tiadak benar, letak proporsional
|
Media tidak benar, letak tidak proporsional
|
|
Fungsi
|
Berfungsi sempurna
|
Berfungsi baik
|
Berfungsi kurang baik
|
Tidak berfungsi
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Medan,....................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Amalia Guru Mata Pelajaran IPA
.................................... YE NI PURWATI, S. Pd
NIP. ........................... NIP. ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"