SILABUS SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN ZAT
Mata Pelajaran :
IPA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Mengagumi Siat dan Perubahan Zat sebagai keteraturan
ciptaan Tuhan
|
Pengertian Materi dan Zat
Wujud Zat
Sifat-sifat Zat
Perubahan Zat
Adhesi dan Kohesi
Miniskus
Kapilaritas
Massa Jenis
Pemisahan Campuran
Asam
Basa
Indikator Asam dan Basa
Garam
|
Pengamatan
Sifat dan Perubahan Zat
Melakukan percobaan Jelajah Konsep
5.1 (halaman 104) dengan penuh tanggung jawab, teliti dan hati-hati serta mencatat hasil
percobaan dengan jujur untuk
mempelajari konsep materi dan zat.
Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.2 (halaman 105) dengan teliti, hati-hati, dan disiplin untuk mempelajari sifat-sifat zat padat, cair, dan gas. Melakukan diskusi konsep Sifat-sifat Zat dan Jelajah Konsep 5.3 (Sifat Meleleh dan Membeku), peserta didik dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat intensif zat. Melakukan diskusi dan Jelajah Konsep 5.4 (halaman 110), Jelajah Konsep 5.5 (halaman 111), dan Lembar Kerja 5.1 (halaman 115), untuk memahami perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
§ Melakukan percobaan Jelajah Konsep
5.6 (halaman 118) dan diskusi kelompok, dengan teliti, hati-hati, dan
disiplin untuk membandingkan susunan
molekul zat padat, cair, dan gas.
Melakukan percobaan pada Jelajah Konsep 5.7
(halaman 120), dengan hati-hati untuk memahami perbedaan konsep adhesi, dan
kohesi.
Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.8 (halaman 122), melalui kerja sama dalam kelompok dengan cermat dan hati-hati untuk memahami perbedaan miniskus cekung dan miniskus cembung. Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.9 (halaman 123) dengan cermat dan teliti untuk membuktikan peristiwa kapilaritas. Melakukan percobaan pada Jelajah Konsep 5.10 (halaman 125), Jelajah Konsep 5.11 (halaman 126), dan Jelajah Konsep 5.12 (halaman 127) dengan disiplin, hati-hati, cermat, dan teliti untuk menentukan massa jenis zat padat, dan massa jenis zat cair. Melakukan diskusi kelompok, untuk memahami peristiwa/fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan massa jenis beserta manfaatnya. Melakukan pengamatan pada Jelajah Konsep 5.13 (halaman 134), dan Jelajah Konsep 5.14 (halaman 136) dan melalui diskusi, untuk melukakan pemisahan berbagai campuran menjadi komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur Melakukan percobaan Lembar Kerja 5.2 (halaman 141) untuk menyelidiki larutan asam dan larutan basa dengan menggunakan indikator kertas lakmus. |
Pengamatan
sikap
|
25 X 40 menit
|
Sumber
: Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs,
Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa Referensi lain tentang Sifat Zat dan Perubahan Zat |
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
|
memiliki rasa ingin tahu
berdasarkan percobaan dengan berpikir logis secara jujur menyampaikan hasil sesuai fakta |
Pengamatan
sikap
|
||||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.5 Memahami
karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat
dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
Memahami bahwa materi memiliki massa berdasar
informasi dari guru dan buku referensi
Dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat
intensif suatu zat / benda
Dapat menerangkan perbedaan perubahan fisika dan
perubahan kimia yang terjadi di alam sekitar karena proses alamiah
Membedakan konsep adhesi dan kohesi
Menganalisis hubungan antara miniskus dan
kapilaritas
Memamahi konsep massa jenis dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Melakukan pemisahan berbagai jenis campuran dengan
cara tertentu
|
Tes Tertulis
Pemahaman Konsep
|
||||
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.5. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
|
Dapat melakukan pemisahan berbagai campuran menjadi
komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur
|
Penilaian
kinerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"