Just Give Me a Reason

Minggu, 30 November 2014

SILABUS SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN ZAT



SILABUS  SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN ZAT

Mata Pelajaran                    : IPA
Satuan Pendidikan              : SMP/MTs
Kelas/Semester                    : VII/1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Mengagumi  Siat dan Perubahan Zat sebagai keteraturan ciptaan Tuhan
Pengertian Materi dan Zat
Wujud Zat
 Sifat-sifat Zat
Perubahan Zat
Adhesi dan Kohesi
Miniskus
Kapilaritas
Massa Jenis
Pemisahan Campuran
Asam
Basa
Indikator Asam dan Basa
Garam

Pengamatan Sifat dan Perubahan Zat
































Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.1 (halaman 104) dengan penuh tanggung jawab, teliti dan hati-hati serta mencatat hasil percobaan dengan jujur untuk mempelajari konsep materi dan zat.

Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.2 (halaman 105) dengan  teliti, hati-hati, dan disiplin untuk mempelajari sifat-sifat zat padat, cair, dan gas.

Melakukan diskusi konsep Sifat-sifat Zat dan Jelajah Konsep 5.3 (Sifat Meleleh dan Membeku), peserta didik dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat intensif zat.

Melakukan diskusi dan Jelajah Konsep 5.4 (halaman 110), Jelajah Konsep 5.5 (halaman 111), dan Lembar Kerja 5.1 (halaman 115), untuk memahami perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
§ Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.6 (halaman 118) dan diskusi kelompok, dengan teliti, hati-hati, dan disiplin untuk  membandingkan susunan molekul zat padat, cair, dan gas.
Melakukan percobaan pada Jelajah Konsep 5.7 (halaman 120), dengan hati-hati untuk memahami perbedaan konsep adhesi, dan kohesi.

Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.8 (halaman 122), melalui kerja sama dalam kelompok dengan cermat dan hati-hati untuk memahami perbedaan miniskus cekung dan miniskus cembung.

Melakukan percobaan Jelajah Konsep 5.9 (halaman 123) dengan cermat dan teliti untuk membuktikan peristiwa kapilaritas.

Melakukan percobaan pada Jelajah Konsep 5.10 (halaman 125), Jelajah Konsep 5.11 (halaman 126), dan Jelajah Konsep 5.12 (halaman 127) dengan disiplin, hati-hati, cermat, dan teliti untuk menentukan massa jenis zat padat, dan massa jenis zat cair.

Melakukan  diskusi kelompok, untuk memahami  peristiwa/fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan massa jenis beserta manfaatnya.

Melakukan pengamatan pada Jelajah Konsep 5.13 (halaman 134), dan Jelajah Konsep 5.14 (halaman 136) dan melalui diskusi, untuk  melukakan pemisahan berbagai campuran menjadi komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur

Melakukan percobaan Lembar Kerja 5.2 (halaman 141) untuk menyelidiki larutan asam dan larutan basa dengan menggunakan indikator kertas lakmus.
Pengamatan sikap

25  X 40 menit

 Sumber : Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga. 

 Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa

Referensi lain tentang Sifat Zat dan Perubahan Zat
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.





memiliki rasa ingin tahu
berdasarkan percobaan dengan berpikir logis secara jujur menyampaikan hasil sesuai fakta







Pengamatan sikap

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari

Memahami bahwa materi memiliki massa berdasar informasi dari guru dan buku referensi
Dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat intensif suatu zat / benda
Dapat menerangkan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di alam sekitar karena proses alamiah
Membedakan konsep adhesi dan kohesi
Menganalisis hubungan antara miniskus dan kapilaritas
Memamahi konsep massa jenis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Melakukan pemisahan berbagai jenis campuran dengan cara tertentu


Tes Tertulis Pemahaman Konsep


4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.5. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia

Dapat melakukan pemisahan berbagai campuran menjadi komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur


Penilaian kinerja



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"