Just Give Me a Reason

Rabu, 05 November 2014

RPP KURIKULUM 2013 KELAS VII SIFAT DAN PERUBAHAN ZAT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIFAT DAN PERUBAHAN ZAT

Satuan Pendidikan     : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester       : VII / 1
Sub Materi Pokok    : Sifat dan Perubahan Zat  
Alokasi Waktu          : 25 x 40 menit ( 5 kali pertemuan )

A.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1)    mengagumi  zat dan perubahannya sebagai ciptaan Tuhan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
Indikator: 
1)  memiliki rasa ingin tahu
2) berdasarkan percobaan dengan berpikir logis secara jujur menyampaikan hasil sesuai fakta

3.5  Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan campuran) Indikator:
1)    Memahami bahwa materi memiliki massa berdasar informasi dari guru dan buku referensi
2)    Dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat intensif suatu zat / benda
3)    Dapat menerangkan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di alam sekitar karena proses alamiah
4)    Membedakan konsep adhesi dan kohesi
5)    Menganalisis hubungan antara miniskus dan kapilaritas
6)    Memamahi konsep massa jenis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.6  Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
Indikator:
1)    dapat melakukan pemisahan berbagai campuran menjadi komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur
2)    dapat melakukan pemisahan berbagai jenis campuran dengan cara tertentu

4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami, dengan indikator:
1)    Menyebutkan ciri-ciri asam dan ciri-ciri basa
2)    Membedakan larutan asam dan basa menggunakan indikator kertas lakmus

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
1.    Menjelaskan pengertian materi atau zat
2.    Membedakan pengertian massa dan berat benda

Diberikan neraca analitik dan sebuah balon, peserta didik dapat
3.    Membuktikan bahwa materi memiliki massa.

Diberikan sebuah kelereng, gelas, piring, air, balon karet, dan pompa sepeda, peserta didik dapat
4.    mengidentifikasi sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas.

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
5.    membedakan sifat ekstensif dan intensif suatu zat

Diberikan tabung reaksi, gelas kimia, air, dan lilin, peserta didik dapat
6.    membuktikan sifat fisis suatu zat

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
7.    mengidentifikasi ciri-ciri perubahan fisika

Diberikan kompor, panic, es, cawan, lilin, dan korek api, peserta didik dapat
8.    membuktikan berbagai perubahan wujud zat; mencair, menguap, mengembun, dan membeku.

Diberikan tabung reaksi, pembakar spiritus, dan padatan iodin, peserta didik dapat
9.    membuktikan perubahan wujud menyublim.

Pertemuan Kedua
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
10.    mengidentifikasi ciri-ciri dan peristiwa yang menyertai perubahan kimia.

Diberikan;  rak tabung reaksi, tabung rekasi, pipet tetes, gelas kimia, statif dan klem, kaki tiga dan kasa, alat pembakar, tang besi, korek api, kertas amplas, sendok teh, spatula kaca, lilin, gula pasir, kawat nikrom, pita Magnsium, larutann Pb(NO3)2, dan larutan KI, peserta didik dapat

11.    mengidentifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia pada berbagai zat.

Diberikan sebuah meja, batu, gelas kosong, dan gelas berisi air, peserta didik dapat

12.    membandingkan susunan molekul zat padat, zat cair, dan gas.

Pertemuan Ketiga
Diberikan 1 kaleng cat, kuas, kayu, gelas, sirop, dan sendok, peserta didik dapat
13.    membedakan konsep adhesi, dan kohesi

Diberikan dua tabung reaksi, minyak goreng, dan air, melalui kerja sama dalam kelompok peserta didik dapat

14.    membedakan miniskus cekung dan miniskus cembung

Diberikan plastik sedotan,  isi pulpen, ember, dan air peserta didik dapat

15.     membuktikan peristiwa kapilaritas

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat

16.    Menyebutkan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari

Diberikan minyak tanah, gelas kimia, dan neraca Ohaus, peserta didik dapat

17.    menentukan massa jenis zat cair (minyak tanah)

Diberikan kubus Aluminium, kubus Tembaga, mistar, dan neraca Ohaus, peserta didik dapat

18.    menentukan massa jenis zat padat (Aluminium, dan Tembaga)

Diberikan pasir, tanah liat/tanah lempung, neraca Ohaus, gelas ukur 100 mL, dan air, peserta didik dapat

19.    menentukan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat

20.    menuliskan peristiwa/fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan massa jenis beserta manfaatnya

Pertemuan Keempat
Diberikan corong, tabung Erlenmeyer, gelas kimia, kertas saring, sendok makan, dan garam dapur, peserta didik dapat

21.    melakukan filtrasi garam dapur

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat

22.    menjelaskan cara melakukan penyulingan atau destilasi

Diberikan gelas kimia 500 mL, kertas saring, lidi, air, dan tinta yang telah dilarutkan dalam air, peserta didik dapat

23.    melakukan kromatografi

Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat

24.    menjelaskan peristiwa kristalisasi beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari
25.    membedakan larutan asam dan basa, beserta contoh-contohnya, dan kegunaannya  dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan Kelima
Diberikan rak tabung reaksi, tabung rekasi, pipet tetes, kertas lakmus merah, kertas lakmus biru, air suling yang sudah didihkan, larutan asam cuka, air kapur, air sabun, larutan garam dapur, dan air jeruk, peserta didik dapat

26.    mengidentifikasi berbagai zat cair, dan mengelompokkannya ke dalam asam, basa, dan netral.

Melalui kegiatan diskusi dan keeja kelompok, peserta didik dapat
27.    menyebutkan sifat-sifat asam dan basa
28.    menyebutkan jenis-jenis garam beserta sifat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Pengertian Materi dan Zat
2.    Wujud Zat
3.    Sifat-sifat Zat
4.    Perubahan Zat
5.    Adhesi dan Kohesi
6.    Miniskus
7.    Kapilaritas
8.    Massa Jenis
9.    Pemisahan Campuran
10.    Asam, Basa, dan Garam

D.    PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                    : Pendekatan kontekstual
2.    Metode Pembelajaran    : Discovery dan diskusi-informasi

E.    MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1.    Media
a.    Bahan ajar berbasis komputer
b.    Alat dan bahan yang tertulis di Jelajah Konsep  dalam Buku IPA Terpadu.

2.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Materi Mempunyai Massa (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Neraca analitik
2 buah
2.
Balon
2 buah

3.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menyelidiki Sifat Zat Padat, Cair, dan Gas (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Kelereng
1 buah
2.
Gelas
1 buah
3.
Piring
1 buah
4.
Air
1 gelas
5.
Balon karet
1 buah
6.
Pompa sepeda
1 buah

4.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Sifat Meleleh dan Membeku (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Tabung reaksi
1 buah
2.
Gelas kimia
1 buah
3.
Air
1 gelas
4.
Lilin
1 buah


5.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Perubahan Wujud Zat (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Kompor
1 buah
2.
Panci
1 buah
3.
Es
200 gram
4.
Cawan
1 buah
5.
Lilin
1 buah
6.
Korek api
1 buah
  
6.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Penyubliman Iodin (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Tabung rekasi
1 buah
2.
Pembakar spiritus
1 buah
3.
Padatan Iodin
1 butir


Alat dan Bahan Lembar Kerja
a.    Alat dan bahan Percobaan Perubahan Kimia dan Fisika suatu zat
1)    Alat
-    Rak tabung reaksi               : 1 buah
-    Tabung rekasi                     : 6 buah   
-    Pipet tetes                          : 1 buah
-    Gelas kimia                        : 2 buah
-    Statif dan klem                   : 1 set
-    Kaki tiga dan kasa             : 1 buah
-    Alat pembakar                   : 1 buah
-    Tang besi                           : 1 buah
-    Korek api                          : 1 buah
-    Kertas amplas                    : 1 lembar
-    Sendok teh                        : 1 buah
-    Spatula kaca                      : 1 buah
2)    Bahan
-    Lilin                                    : secukupnya
-    Gula pasir                           : secukupnya
-    Kawat nikrom                    : secukupnya
-    Pita Magnsium                    : secukupnya
-    Larutann Pb(NO3)2           : secukupnya
-    Larutan KI                         : secukupnya

7.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Memahami Susunan Partikel Zat Padat, Zat Cair, dan Gas (untuk setiap kelompok)



No.
Jenis
Jumlah
1.
Meja
1 buah
2.
Batu
1 buah
3.
Gelas
1 buah
4.
Air
1 gelas


8.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Terjadinya Adhesi dan Kohesi (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Cat
1 kaleng
2.
Kuas
1 buah
3.
Kayu
1 biji
4.
Gelas
1 buah
5.
Sendok
1 buah
6.
Sirop
1 sendok

9.     Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Miniskus Cekung dan Miniskus Cembung (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Tabung reaksi
2 buah
2.
Minyak goreng
100 mL
3.
Air
100 mL

10.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Terjadinya Kapilaritas (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Sedotan plastik besar
1 buah
2.
Sedotan plastik kecil
1 buah
3.
Isi pulpen kosong
1 buah


11.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Minyak Tanah (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Minyak tanah
100 mL
2.
Gelas kimia
1 buah
3.
Neraca Ohaus
1 buah

12.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Aluminium dan Tembaga (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Kubus aluminium
1 buah
2.
Kubus tembaga
1 buah
3.
Mistar
1 buah
4.
Neraca Ohaus
1 buah

13.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Benda yang Bentuknya Tidak Teratur (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Pasir
200 gram
2.
Tanah lempung
200 gram
3.
Neraca Ohaus
1 buah
4.
Gelas ukur
1 buah
5.
Air
100 mL


14.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Filtrasi Larutan Garam Dapur  (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Corong
1 buah
2.
Tabung erlenmeyer
1 buah
3.
Gelas kimia
1 buah
4.
Kertas saring
1 buah
5.
Sendok makan
1 buah
6.
Garam dapur
100mg


15.    Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Kromatografi  (untuk setiap kelompok)


No.
Jenis
Jumlah
1.
Gelas kimia
1 buah
2.
Kertas saring
1 buah
3.
Lidi
1 biji
4.
Tinta
5 mL
5.
Air
250 mL


Alat dan Bahan Lembar Kerja
Alat dan bahan Percobaan Pengujian Larutan Dengan Indikator
1)    Alat
-    Rak tabung reaksi                : 1   buah
-    Tabung rekasi                      : 22 buah   
-    Pipet tetes                           : 1   buah
-    Kertas lakmus merah           : 13 lembar
-    Kertas lakmus biru               : 13 lembar

2)    Bahan
-    Air suling yang sudah didihkan        : secukupnya
-    Larutan asam cuka                         : secukupnya
-    Air kapur                                       : secukupnya
-    Air sabun                                       : secukupnya
-    Larutan garam dapur                      : secukupnya
-    Air jeruk                                        : secukupnya

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama
    Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Ada berapa jenis zat yang kamu ketahui?
5)    Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
-     Apa perbedaan sifat ekstensif dan sifat intensif suatu zat?
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik

b.    Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1)    Meminta peserta didik mempelajari Pengertian Materi dan Zat pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan Jelajah Konsep  melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab  mendata untuk membuktikan bahwa materi memiliki massa.
2)    Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat pada penyelidikan sifat zat padat, zat cair, dan gas (Jelajah Konsep).
3)    Meminta peserta didik mempelajari konsep sifat ekstensif dan sifat intensif zat kemudian menentukan materi esensial yang telah dibacanya, kemudian mendiskusikannya dengan sesama anggota kelompoknya.
4)    Meminta peserta didik mengamati perubahan wujud (meleleh dan membeku) pada Jelajah Konsep dalam Buku IPA Terpadu.

Mengumpulkan Data
5)    Memerintahkan peserta didik menuliskan pengertian materi dan zat, dan menuliskan contoh-contoh zat dalam kehidupan sehari-hari.
6)    Meminta peserta didik mencatat data sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas.
7)    Meminta peserta didik untuk menuliskan sifat-sifat ekstensif dan intensif.
8)    Memerintahkan kepada peserta didik untuk mencatat perubahan yang terjadi pada saat lilin dipanaskan, dan ketika lilin cair didinginkan.

Menanya
9)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan terkait dengan konsep materi/zat, sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas, serta perubahan wujud melebur dan membeku.

Mengasosiasi
10)    Peserta didik melakukan kerja kelompok, berdiskusi, dan mengemukakan pendapat berdasarkan konsep yang dipelajari.
11)    Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
12)    Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Materi dan Zat, Sifat-sifat Zat Padat, Zat Cair, dan Gas, serta Perubahan Wujud (melebur dan membeku).

Mengkomunikasikan
13)    Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3)    Memberikan  tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
4)    Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Perubahan Zat  yang akan dipelajari pada  pertemuan yang akan datang. 

    Tatap Muka Ke: 2  (2 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Bagaimanakah sifat zat padat, zat cair, dan gas?
5)    Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
-    Ada berapa jeniskah perubahan wujud zat itu?
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik

b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1)    Meminta peserta didik mempelajari konsep Perubahan Fisis pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan diskusi melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab  menggarisbawahi materi esensial.
2)    Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat pada saat es dipanaskan, air dipanaskan, uap air didinginkan, lilin dibakar, dan lilin cair didinginkan (Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu).
3)    Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat penyubliman iodin  (Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu).

Mengumpulkan Data
4)    Memerintahkan peserta didik menuliskan ciri-ciri perubahan fisis beserta contohnya
5)    Meminta kepada peserta didik untuk menuliskan data jenis perubahan wujud yang terjadi pada kegiatan Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.

Menanya
6)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan contoh perubahan fisis dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasosiasi
7)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep perubahan fisis.
8)    Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
9)    Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Perubahan Fsisis dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.


Mengkomunikasikan
10)    Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.

c.  Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3)    Memberikan  tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi  pada Buku IPA Terpadu.
4)    Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Perubahan Kimia   untuk persiapan pertemuan yang akan datang. 

2.    Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Memberikan apersepsi  mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
     - apa yang dimaksud dengan besaran fisis?
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Bagaimanakah bunyi Hukum Lavoisier?
6) Menuliskan tujuan  pembelajaran dan cakupan materi yang akan  dipelajari peserta didik.

b. Kegiatan Inti (95 menit) 
      Mengamati
1)    Peserta didik melakukan diskusi tentang Perubahan Kimia  pada Buku IPA Terpadu.
2)    Peserta didik melakukan percobaan “Perubahan Kimia dan Fisika Suatu Zat” pada Lembar Kerja  dalam buku IPA Terpadu dengan teliti, dan disiplin.

Mengumpulkan Data
3)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi tentang ciri-ciri perubahan kimia, dan ciri-ciri yang menyertai perubahan kimia.
4)    Meminta kepada peserta didik untuk mencatat data hasil percobaan/pengamatan Lembar Kerja dalam buku IPA Terpadu.

Menanya
5)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi diskusi dan percobaan yang telah dilakukan.

Mengasosiasikan
6)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  Perubahan Kimia dan Perubahan Fisika.
7)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain diberi kesempatan memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
8)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)  Meminta setiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat simpulan hasil pembelajaran.
11)  Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
12)  Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil pembelajaran dan menyampaikan pendapatnya.
13)  Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dan memberikan konfirmasi hasil pembelajaran.

c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2)    Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5)    Guru memberikan tugas dan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi  dan meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Susunan Partikel Zat, dan Adhesi dan Kohesi.

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Memberikan apersepsi  mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
-  Bagaimanakah perbedaan sifat antara zat padat dan sifat zat cair?
5)   Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Apakah perbedaan antara adhesi dan kohesi?
6)  Menuliskan tujuan  pembelajaran dan cakupan materi yang akan  dipelajari peserta didik.

b. Kegiatan Inti (55 menit)
 Mengamati
1)    Meminta peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan  “Memahami Susunan Partikel Zat Padat, Zat Cair, dan Gas” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2)    Meminta peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan  “Mengamati Terjadinya Adhesi dan Kohesi” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mendiskusikannya dengan anggota kelompok masing-masing.

Mengumpulkan Data
3)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan/pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep).
4)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.

Menanya
5)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.

Mengasosiasikan
6)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.
7)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
8)      Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9)      Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)    Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
11)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
12)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan  dan menyampaikan pendapatnya.
13)    Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman dengan teliti.
2)    Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5)    Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi  dan meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.


3.    Pertemuan Ketiga
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Bagaimanakah sifat zat cair?
5)    Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
-  Lebih besar manakah daya kapilaritas batang kelapa dibanding dengan batang padi? 
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik

b.    Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang miniskus, kemudian melakukan pengamatan pada “Mengamati Miniskus Cekung dan Miniskus Cembung” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang kapilaritas, kemudian melakukan pengamatan pada “Mengamati Terjadinya Kapilaritas” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
3)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Massa Jenis, kemudian melakukan pengamatan pada “Menentukan Massa Jenis Minyak Tanah” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.

Mengumpulkan Data
4)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
5)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis.

Menanya
6)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis..


Mengasosiasikan
7)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis.
8)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11)    Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
13)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
14)    Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2)    Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3)    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4)    Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Massa Jenis Zat Padat, dan aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari-hari untuk pertemuan berikutnya.
5)    Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi 5.7 (halaman 124).

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Faktor apakah yang mempengaruhi besar massa jenis suatu zat?
5)    Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Mengapa kapal laut yang bahan bakunya besi atau tembaga dapat terapung di permukaan laut? 
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik

b.    Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1)    Peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Menentukan Massa Jenis Aluminium dan Tembaga” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2)    Peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Menentukan Massa Jenis Benda yang Bentuknya Tidak Teratur” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
3)    Meminta peserta didik melakukan diskusi dan menentukan materi esensial tentang Aplikasi Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari dalam buku IPA Terpadu.

Mengumpulkan Data
4)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan menentukan massa jenis Aluminium, dan Tembaga (Jelajah Konsep), menentukan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur (Jelajah Konsep), dan menuliskan data hasil diskusi aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
5)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang menentukan massa jenis benda padat, dan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur.

Menanya
6)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan menentukan massa jenis zat padat.

Mengasosiasikan
7)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  Menentukan Massa Jenis Benda Padat, dan Massa Jenis Benda Padat yang Bentuknya Tidak Teratur.
8)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11)    Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
13)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
14)    Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2)    Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3)    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4)    Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi  serta mempelajari konsep Pemisahan Campuran, Asam, dan Basa, untuk pertemuan berikutnya.


4.    Pertemuan Keempat 
5.    Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Apa perbedaan antara larutan homogen dan larutan heterogen?
5)    Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
-  Bagaimanakah cara memperoleh air murni dari bahan baku air laut? 
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik


b.    Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Pmisahan Campuran, kemudian melakukan pengamatan pada “Filtrasi Larutan Garam Dapur” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Penyulingan/Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi, kemudian melakukan pengamatan pada “Kromatografi” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.

Mengumpulkan Data
3)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
4)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.

Menanya
5)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.
Mengasosiasikan
6)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.
7)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
8)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)    Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil percobaan dan  berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat simpulan.
11)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
12)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
13)    Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2)    Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3)    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4)    Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Asam dan Basa untuk pertemuan berikutnya.
5)    Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi.

Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3)    Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Termasuk asam atau basakah sabun mandi itu?
5)    Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Apakah perbedaan antara asam dan basa? 
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik

b.    Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1)    Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Konsep Asam dan Basa, pada buku IPA Terpadu, kemudian menggarisbawahi materi esensial pada konsep tersebut. Selanjutnya peserta didik diminta untuk mendiskusikannya dengan anggota dalam kelompoknya masing-masing.

Mengumpulkan Data
2)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat materi esensial yang telah digarisbawahi pada buku IPA Terpadu.
3)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang Konsep Asam dan Basa.


Menanya
4)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Asam dan Basa.

Mengasosiasikan
5)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang Konsep Asam dan Basa.
6)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya. 

Mengkomunikasikan
7)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
8)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
9)    Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat simpulan.
10)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
11)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
12)    Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)    Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
2)    Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3)    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4)    Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi serta mempelajari Indikator Asam dan Basa, serta Konsep Garam, untuk pertemuan berikutnya.

6.    Pertemuan Kelima
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)    Guru meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)    Guru mengecek kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)    Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- apa perbedaan antara asam dan basa?
5)    Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara mengetahui suatu larutan tergolong asam atau basa?
6)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
   
b.    Kegiatan inti  (95 menit)
Mengamati
1)    Peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang Konsep Indikator Asam dan Basa, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan pada percobaan “Pengujian Larutan dengan Indikator” pada Lembar Kerja dalam buku IPA Terpadu.
2)    Meminta peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang Konsep Garam, kemudian menggarisbawahi materi esensial dari materi yang telah dibacanya.

Mengumpulkan Data
3)    Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil percobaan  yang telah dilakukan pada Lembar Kerja.
4)    Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari  berbagai referensi tentang pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.

Menanya
5)    Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.

Mengasosiasikan
6)    Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep  pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.
7)    Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan percobaan diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
8)    Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9)    Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10)    Meminta tiap kelompok membuat  laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat  peserta didik lain untuk membuat simpulan.
11)    Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan  mempresentasikannya secara klasikal.
12)    Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi  dan menyampaikan pendapatnya.
13)    Guru memberi konfirmasi terhadap hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.

c.    Penutup (15 menit)
1)    Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran dengan teliti.
2)    Guru memeriksa pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Guru melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4)    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran    kooperatif.
5)    Guru memberikan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan  tugas untuk mengerjakan soal-soal Uji Kompetensi dan  Latihan Ulangan dalam buku IPA Terpadu.

Tatap Muka Ke: 5 (2 jam pelajaran)
Ulangan Harian (2 x 40 menit)

G. SUMBER BELAJAR
1.    Buku IPA Terpadu: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2.    Buku Kurikulum 2013 Kemdikbud
3.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4.    Lembar Kerja Peserta didik


H.  PENILAIAN
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen


Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
Tes Unjuk Kerja
Uji Petik Kerja dan Rubrik
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio
   
2. Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap


No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  sifat dan perubahan zat  sebagai ciptaan Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja sama baik secara individu maupun berkelompok






b.    Rubrik Penilaian Sikap


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi   sifat dan perubahan zat sebagai ciptaan Tuhan
1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  sifat dan perubahan zat dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
 2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap sifat dan perubahan zat.
 3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  sifat dan perubahan zat yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
Catatan: Deskripsi sikap ini (bersama sikap dari matan pelajaran lain) digunakan untuk menentukan profil peserta didik.

c.    Penilaian Pemahaman Konsep
1)    Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2)    Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3)    Uraian (dalam buku IPA Terpadu)

Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
I.    Penilaian Pemahaman Konsep
A.    Bentuk Soal Pilihan Ganda
1.    Jumlah soal              = 45 butir soal
2.    Bobot tiap soal        = 2
3.    Skor Ideal               = 45 x 2  = 90

B.    Bentuk Soal Memasangkan
1.    Jumlah soal              = 25 butir soal
2.    Bobot tiap soal        = 3
3.    Skor Ideal               = 25 x 3 = 75

C.    Bentuk Soal Uraian
1.    Jumlah soal            = 15 butir soal
2.    Bobot soal            = lihat tabel
3.    Skor    Ideal          = 100

Tabel Penskoran


No Soal
Uraian
Skor
Skor Maks
1.
Menuliskan jawaban sebanyak 2 dan ada penjelasan
Menuliskan jawaban sebanyak 2 tetapi tidak ada penjelasan
Menuliskan jawaban sebanyak 1 dan ada penjelasan
Menuliskan jawaban sebanyak 1 tetapi tidak ada penjelasan
8
6

4
2

8




2.
Menuliskan jawaban sebanyak 4 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 3 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 2 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 1 perbedaan
8
6
4
2


8





3.
Menuliskan jawaban secara sistematis dan tepat  jawabannya
Menuliskan jawaban tidak sistimatis dan tepat
Menjawab, tetapi jawaban salah
6

4
2

6




4.
Menuliskan jawaban sebanyak 4
Menuliskan jawaban sebanyak 3
Menuliskan jawaban sebanyak 2
Menuliskan jawaban sebanyak 1
8
6
4
2

8





5.
Menuliskan jawaban sebanyak 4 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 3 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 2 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak 1 perbedaan
8
6
4
2


8





6
a.       Menuliskan 4 perbedaan antara zat cair dan gas
8


8

b.      Menuliskan 3 perbedaan antara zat cair dan gas
6

c.       Menuliskan 2 perbedaan antara zat cair dan gas
4

d.      Menuliskan 1 perbedaan antara zat cair dan gas
2

e.       Tidak menjawab
0





7
a.       Menjelaskan penyebab raksa dalam tabung reaksi membentuk miniskus cembung dengan benar.
6


6


b.      Menjelaskan penyebab raksa dalam tabung reaksi membentuk miniskus cembung tetapi jawaban salah
2
c.       Jika tidak menjawab
0




8
a.       Menuliskan 4 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
8
8
b.      Menuliskan 3 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
6
c.       Menuliskan 2 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
4
d.      Menuliskan 1 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
2
e.       Tidak menjawab
0




9
a.       Menuliskan 4 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
8
8
b.      Menuliskan 3 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
6
c.       Menuliskan 2 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
4
d.      Menuliskan 1 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
2
e.       Tidak menjawab
0




10
a.       Menuliskan diketahui, ditanya, dan dijawab dengan benar
10
10
b.      Menulis diketahui, ditanya, dan dijawab dengan jawaban sebagian besar benar
8
c.       Menulis diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
4
d.      Hanya ditulis diketahui, dan ditanya, tetapi tidak dijawab.
2




11
a.         Menuliskan 3 ciri-ciri asam
6

6
b.        Menuliskan 2 ciri-ciri asam
4
c.         Menuliskan 1 ciri-ciri asam
2




12
a.         Menuliskan 3 ciri-ciri asam
6

6
b.    Menuliskan 2 ciri-ciri asam
4
c.     Menuliskan 1 ciri-ciri asam
2




13
a.    Menuliskan perbedaan asam organik dan asam anorganik dengan sempurna
6




6
b.      Menuliskan pengertian asam organic dengan benar, tetapi menuliskan pengertian asam anorganik kurang tepat, atau sebaliknya.
4
c.       Menuliskan pengertian asam organic dan asam anorganik kurang tepat
2
d.      Tidak menjawab
0




14
a.         Menuliskan 3 macam garam dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
9





9
b.      Menuliskan 3 macam garam tidak dilengkapi dengan penjelasan tetapi dilengkapi dengan contohnya.
6
c.       Menuliskan 3 macam garam tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
4
d.      Menuliskan 2 macam garam tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
2
e.       Menuliskan 1 macam garam, tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya
1
f.     Tidak menjawab
0




15
a.         Menuliskan masing-masing 2 contoh senyawa asam, basa, dan garam
10





10
b.      Menuliskan masing-masing 2 contoh senyawa asam, dan basa, serta 1 contoh senyawa garam
8
c.       Menuliskan 2 contoh senyawa asam, dan 1 senyawa basa, serta 1 senyawa garam
6
d.      Menuliskan masing-masing 1 contoh senyawa asam, basa, dan garam
4
e.       Tidak menjawab
0



Nilai Akhir     = (Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian)/2,8
        = (90 + 75 + 115)/2,8
        = 28/2,8
        = 100


II.    Penilaian Kinerja Ilmiah
A.    Penilaian Proyek I (dalam Buku IPA Terpadu)


No
Soal
Aspek
Indikator Penilaian
Skor

Skor Maksi
mum
1
 Jawaban
Menuliskan  hasil pengamatan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari:







 10
a.       Menuliskan 5 hasil pengamatan  dengan benar
10
b.      Menuliskan 4 hasil pengamatan  dengan benar
8
c.       Menuliskan 3 hasil pengamatan  dengan benar
6
d.      Menuliskan 2 hasil pengamatan  dengan benar
4
e.       Menuliskan 1 hasil pengamatan  dengan benar
2
2
 Jawaban
f.       Jawaban ditulis secara benar, rinci, dilengkapi dengan prinsip jenis perubahan yang terjadi.
10






 10
g.       Jawaban ditulis dengan benar, rinci, tetapi tidak dilengkapi dengan jenis perubahan yang terjadi.
7
h.      Jawaban ditulis singkat tetapi benar, dan tidak dilengkapi dengan jenis perubahan yang terjadi.
4
Jawaban salah
2

JUMLAH SKOR


20

B.    Penilaian Proyek II  (dalam Buku IPA Terpadu)



No
Soal
Aspek
Indikaor Penilaian
Skor

Skor Maksi
Mum
1
 Jawaban
Menuliskan  hasil pengamatan kelompok asam atau basa dalam produk sehari-hari:







 10
a.       Menuliskan 5 hasil pengamatan  dengan benar
10
b.      Menuliskan 4 hasil pengamatan  dengan benar
8
c.       Menuliskan 3 hasil pengamatan  dengan benar
6
d.      Menuliskan 2 hasil pengamatan  dengan benar
4
e.       Menuliskan 1 hasil pengamatan  dengan benar
2

JUMLAH SKOR


10



C.    Penilaian Produk
1.    Membuktikan Bahwa Gas Termasuk Materi yang Mempunyai Volume


TINGKAT
Sempurna
Bagus
Cukup
Kurang

SKOR
KRI
TERIA
Desain
5
4
3
2
 
Description: Description: checkboxRancangan balon disiapkan  dengan baik ada kesesuaian  rangkaian balon dan buku dilengkapi  dengan keterangan
Description: Description: checkbox Rancangan balon disiapkan  dengan baik ada kesesuaian  rangkaian balon dan buku tetapi tidak dilengkapi  dengan keterangan
Description: Description: checkbox Rancangan balon disiapkan  dengan baik ada tidak ada kesesuaian  rangkaian balon dan buku
Description: Description: checkbox Rancangan balon tidak disiapkan  dengan baik dan tidak ada kesesuaian  rangkaian balon dan buku

Teknis
5
4
3
2
 
Description: Description: checkboxBalon setelah ditiup dapat mengangkat buku dengan baik dan kelihatan bagian atas semakin datar
Description: Description: checkbox. Balon setelah ditiup dapat mengangkat buku dengan baik dan tidak kelihatan dengan jelas bagian atas semakin datar
Description: Description: checkbox.    Balon setelah ditiup tidak dapat mengangkat buku
Description: Description: checkbox  Balon tidak dapat ditiup
Este
tika
5
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Ukuran   serasi,  hubungan antar komponen rapi, dan memiliki nilai seni.
Description: Description: checkbox   Ukuran   serasi,  hubungan antar komponen tidak  rapi, dan kurang memiliki nilai seni.
Description: Description: checkbox  Ukuran   tidak serasi,  hubungan antar komponen rapi, dan memiliki nilai seni.
Description: Description: checkbox Ukuran   tidak serasi,  hubungan antar komponen tidak  rapi, dan kurang memiliki nilai seni.
Fungsi
5
4
3
2

Alat peraga telah diuji coba dan dapat berfungsi dengan baik
Alat peraga belum diuji coba dan dapat berfungsi dengan baik
Alat peraga berfungsi kurang baik
Alat peraga tidak dapat berfungsi

TOTAL SKOR


2.    Rubrik Penilaian Psikomotor Mendaur Ulang Lilin Bekas



TINGKAT
Sempurna
Bagus
Cukup
Kurang

SKOR
KRITERIA
Desain
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Rancangan kerangka lilin dibuat dengan baik, rapi, dan proporsional sesuai dengan bahan yang tersedia, serta dilengkapi dengan keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan kerangka lilin dibuat dengan baik, rapi, tetapi tidak proporsional dan tidak sesuai dengan bahan yang tersedia, dan dilengkapi keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan kerangka lilin dibuat kurang baik, kurang rapi, dan tidak proporsional berdasarkan bahan yang tersedia, tetapi dilengkapi dengan keterangan.
Description: Description: checkbox Rancangan kerangka lilin dibuat tidak baik, kurang rapi, tidak proporsional berdasarkan bahan yang tersedia, dan tidak dilengkapi dengan keterangan.

Teknis
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan,lidi dan  sumbu lilin dipasang di tengah-tengah silinder, alas silinder dilengkapi tanah liat.
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan, lidi dan  sumbu lilin dipasang di tengah-tengah silinder, tetapi alas silinder tidak dilengkapi tanah liat.
Description: Description: checkbox Ketepatan ukuran sesuai bahan, tetapi lidi dan  sumbu lilin tidak dipasang di tengah-tengah silinder, serta alas silinder tidak dilengkapi tanah liat.
Description: Description: checkbox Ukuran bahan tidak sesuai, lidi dan  sumbu lilin tidak dipasang di tengah-tengah silinder, serta alas silinder tidak dilengkapi tanah liat.
Hasil Akhir
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Lilin dapat dinyalakan dengan mudah, dan dapat menyala dengan lancar hingga habis.
Description: Description: checkbox Lilin dapat dinyalakan dengan mudah, tetapi menyala tidak sampai habis.
Description: Description: checkbox Lilin susah dinyalakan, dan tidak dapat menyala dengan lancar hingga habis.

Description: Description: checkbox Lilin hanya dapat menyala bagian sumbunya
TOTAL SKOR




D.    Penilaian Produk II
Membuat Indikator Asam-Basa Alami dari Bunga



TINGKAT
Sempurna
Bagus
Cukup
Kurang

SKOR
KRITERIA
Teknis
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Tiga Bahan bunga (bunga mawar, melati, dan mawar) ditumbuk dengan baik, dan halus.
Description: Description: checkbox Hanya 2 bahan bunga yang ditumbuk dengan baik, dan halus.
Description: Description: checkbox Hanya 1 bahan bunga yang ditumbuk dengan baik, dan halus.
Description: Description: checkbox Semua  bahan bunga yang ditumbuk dengan hasil yang kasar (belum halus/lembut).
Hasil Akhir
5 
4
3
2
 
Description: Description: checkbox Pada saat ditetesi dengan larutan NaOH atau HCl hasil reaksinya dapat diketahui dengan sangat cepat.
Description: Description: checkbox Pada saat ditetesi dengan larutan NaOH atau HCl hasil reaksinya diketahui dengan cepat.
Description: Description: checkbox Pada saat ditetesi dengan larutan NaOH atau HCl hasil reaksinya dapat diketahui dengan lambat.
Description: Description: checkbox Pada saat ditetesi dengan larutan NaOH atau HCl hasil reaksinya kurang sempurna.
TOTAL SKOR



                                                                                                   Medan, ……………………………
Mengetahui:                                                                                Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
      



..........................................                                                        YENI PURWATI, S. Pd
NIP :                                                                                          NIP :

1 komentar:

  1. The best casino to play online for money | Deccasino
    If you're looking for a top online casino you have come to the หาเงินออนไลน์ right 바카라사이트 place, The Best Casino in Vegas is right here. Our team of 메리트 카지노 expert

    BalasHapus

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"