RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIFAT DAN PERUBAHAN ZAT
Satuan Pendidikan : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Sub Materi Pokok : Sifat dan Perubahan Zat
Alokasi Waktu : 25 x 40 menit ( 5 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1) mengagumi zat dan perubahannya sebagai ciptaan Tuhan
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
Indikator:
1) memiliki rasa ingin tahu
2) berdasarkan percobaan dengan berpikir logis secara jujur menyampaikan hasil sesuai fakta
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan campuran) Indikator:
1) Memahami bahwa materi memiliki massa berdasar informasi dari guru dan buku referensi
2) Dapat membedakan sifat ekstensif dan sifat intensif suatu zat / benda
3) Dapat menerangkan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di alam sekitar karena proses alamiah
4) Membedakan konsep adhesi dan kohesi
5) Menganalisis hubungan antara miniskus dan kapilaritas
6) Memamahi konsep massa jenis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
Indikator:
1) dapat melakukan pemisahan berbagai campuran menjadi komponen penyusunnya secara fisis berdasar dari membaca buku-buku literatur
2) dapat melakukan pemisahan berbagai jenis campuran dengan cara tertentu
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami, dengan indikator:
1) Menyebutkan ciri-ciri asam dan ciri-ciri basa
2) Membedakan larutan asam dan basa menggunakan indikator kertas lakmus
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
1. Menjelaskan pengertian materi atau zat
2. Membedakan pengertian massa dan berat benda
Diberikan neraca analitik dan sebuah balon, peserta didik dapat
3. Membuktikan bahwa materi memiliki massa.
Diberikan sebuah kelereng, gelas, piring, air, balon karet, dan pompa sepeda, peserta didik dapat
4. mengidentifikasi sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas.
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
5. membedakan sifat ekstensif dan intensif suatu zat
Diberikan tabung reaksi, gelas kimia, air, dan lilin, peserta didik dapat
6. membuktikan sifat fisis suatu zat
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
7. mengidentifikasi ciri-ciri perubahan fisika
Diberikan kompor, panic, es, cawan, lilin, dan korek api, peserta didik dapat
8. membuktikan berbagai perubahan wujud zat; mencair, menguap, mengembun, dan membeku.
Diberikan tabung reaksi, pembakar spiritus, dan padatan iodin, peserta didik dapat
9. membuktikan perubahan wujud menyublim.
Pertemuan Kedua
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
10. mengidentifikasi ciri-ciri dan peristiwa yang menyertai perubahan kimia.
Diberikan; rak tabung reaksi, tabung rekasi, pipet tetes, gelas kimia, statif dan klem, kaki tiga dan kasa, alat pembakar, tang besi, korek api, kertas amplas, sendok teh, spatula kaca, lilin, gula pasir, kawat nikrom, pita Magnsium, larutann Pb(NO3)2, dan larutan KI, peserta didik dapat
11. mengidentifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia pada berbagai zat.
Diberikan sebuah meja, batu, gelas kosong, dan gelas berisi air, peserta didik dapat
12. membandingkan susunan molekul zat padat, zat cair, dan gas.
Pertemuan Ketiga
Diberikan 1 kaleng cat, kuas, kayu, gelas, sirop, dan sendok, peserta didik dapat
13. membedakan konsep adhesi, dan kohesi
Diberikan dua tabung reaksi, minyak goreng, dan air, melalui kerja sama dalam kelompok peserta didik dapat
14. membedakan miniskus cekung dan miniskus cembung
Diberikan plastik sedotan, isi pulpen, ember, dan air peserta didik dapat
15. membuktikan peristiwa kapilaritas
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
16. Menyebutkan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
Diberikan minyak tanah, gelas kimia, dan neraca Ohaus, peserta didik dapat
17. menentukan massa jenis zat cair (minyak tanah)
Diberikan kubus Aluminium, kubus Tembaga, mistar, dan neraca Ohaus, peserta didik dapat
18. menentukan massa jenis zat padat (Aluminium, dan Tembaga)
Diberikan pasir, tanah liat/tanah lempung, neraca Ohaus, gelas ukur 100 mL, dan air, peserta didik dapat
19. menentukan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
20. menuliskan peristiwa/fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan massa jenis beserta manfaatnya
Pertemuan Keempat
Diberikan corong, tabung Erlenmeyer, gelas kimia, kertas saring, sendok makan, dan garam dapur, peserta didik dapat
21. melakukan filtrasi garam dapur
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
22. menjelaskan cara melakukan penyulingan atau destilasi
Diberikan gelas kimia 500 mL, kertas saring, lidi, air, dan tinta yang telah dilarutkan dalam air, peserta didik dapat
23. melakukan kromatografi
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik dapat
24. menjelaskan peristiwa kristalisasi beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari
25. membedakan larutan asam dan basa, beserta contoh-contohnya, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan Kelima
Diberikan rak tabung reaksi, tabung rekasi, pipet tetes, kertas lakmus merah, kertas lakmus biru, air suling yang sudah didihkan, larutan asam cuka, air kapur, air sabun, larutan garam dapur, dan air jeruk, peserta didik dapat
26. mengidentifikasi berbagai zat cair, dan mengelompokkannya ke dalam asam, basa, dan netral.
Melalui kegiatan diskusi dan keeja kelompok, peserta didik dapat
27. menyebutkan sifat-sifat asam dan basa
28. menyebutkan jenis-jenis garam beserta sifat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian Materi dan Zat
2. Wujud Zat
3. Sifat-sifat Zat
4. Perubahan Zat
5. Adhesi dan Kohesi
6. Miniskus
7. Kapilaritas
8. Massa Jenis
9. Pemisahan Campuran
10. Asam, Basa, dan Garam
D. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Pendekatan kontekstual
2. Metode Pembelajaran : Discovery dan diskusi-informasi
E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
a. Bahan ajar berbasis komputer
b. Alat dan bahan yang tertulis di Jelajah Konsep dalam Buku IPA Terpadu.
2. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Materi Mempunyai Massa (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Neraca analitik
|
2
buah
|
2.
|
Balon
|
2
buah
|
3. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menyelidiki Sifat Zat Padat, Cair, dan Gas (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Kelereng
|
1 buah
|
2.
|
Gelas
|
1 buah
|
3.
|
Piring
|
1 buah
|
4.
|
Air
|
1 gelas
|
5.
|
Balon karet
|
1 buah
|
6.
|
Pompa sepeda
|
1 buah
|
4. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Sifat Meleleh dan Membeku (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Tabung reaksi
|
1 buah
|
2.
|
Gelas kimia
|
1 buah
|
3.
|
Air
|
1 gelas
|
4.
|
Lilin
|
1 buah
|
5. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Perubahan Wujud Zat (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Kompor
|
1 buah
|
2.
|
Panci
|
1 buah
|
3.
|
Es
|
200 gram
|
4.
|
Cawan
|
1 buah
|
5.
|
Lilin
|
1 buah
|
6.
|
Korek api
|
1 buah
|
6. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Penyubliman Iodin (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Tabung rekasi
|
1 buah
|
2.
|
Pembakar spiritus
|
1 buah
|
3.
|
Padatan Iodin
|
1 butir
|
Alat dan Bahan Lembar Kerja
a. Alat dan bahan Percobaan Perubahan Kimia dan Fisika suatu zat
1) Alat
- Rak tabung reaksi : 1 buah
- Tabung rekasi : 6 buah
- Pipet tetes : 1 buah
- Gelas kimia : 2 buah
- Statif dan klem : 1 set
- Kaki tiga dan kasa : 1 buah
- Alat pembakar : 1 buah
- Tang besi : 1 buah
- Korek api : 1 buah
- Kertas amplas : 1 lembar
- Sendok teh : 1 buah
- Spatula kaca : 1 buah
2) Bahan
- Lilin : secukupnya
- Gula pasir : secukupnya
- Kawat nikrom : secukupnya
- Pita Magnsium : secukupnya
- Larutann Pb(NO3)2 : secukupnya
- Larutan KI : secukupnya
7. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Memahami Susunan Partikel Zat Padat, Zat Cair, dan Gas (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Meja
|
1 buah
|
2.
|
Batu
|
1 buah
|
3.
|
Gelas
|
1 buah
|
4.
|
Air
|
1 gelas
|
8. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Terjadinya Adhesi dan Kohesi (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Cat
|
1 kaleng
|
2.
|
Kuas
|
1 buah
|
3.
|
Kayu
|
1 biji
|
4.
|
Gelas
|
1 buah
|
5.
|
Sendok
|
1 buah
|
6.
|
Sirop
|
1 sendok
|
9. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Miniskus Cekung dan Miniskus Cembung (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Tabung reaksi
|
2 buah
|
2.
|
Minyak goreng
|
100 mL
|
3.
|
Air
|
100 mL
|
10. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Mengamati Terjadinya Kapilaritas (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Sedotan plastik besar
|
1 buah
|
2.
|
Sedotan plastik kecil
|
1 buah
|
3.
|
Isi pulpen kosong
|
1 buah
|
11. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Minyak Tanah (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Minyak tanah
|
100 mL
|
2.
|
Gelas kimia
|
1 buah
|
3.
|
Neraca Ohaus
|
1 buah
|
12. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Aluminium dan Tembaga (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Kubus aluminium
|
1 buah
|
2.
|
Kubus tembaga
|
1 buah
|
3.
|
Mistar
|
1 buah
|
4.
|
Neraca Ohaus
|
1 buah
|
13. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Menentukan Massa Jenis Benda yang Bentuknya Tidak Teratur (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Pasir
|
200 gram
|
2.
|
Tanah lempung
|
200 gram
|
3.
|
Neraca Ohaus
|
1 buah
|
4.
|
Gelas ukur
|
1 buah
|
5.
|
Air
|
100 mL
|
14. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Filtrasi Larutan Garam Dapur (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Corong
|
1 buah
|
2.
|
Tabung erlenmeyer
|
1 buah
|
3.
|
Gelas kimia
|
1 buah
|
4.
|
Kertas saring
|
1 buah
|
5.
|
Sendok makan
|
1 buah
|
6.
|
Garam dapur
|
100mg
|
15. Alat dan Bahan Percobaan Jelajah Konsep: Kromatografi (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Gelas kimia
|
1 buah
|
2.
|
Kertas saring
|
1 buah
|
3.
|
Lidi
|
1 biji
|
4.
|
Tinta
|
5 mL
|
5.
|
Air
|
250 mL
|
Alat dan Bahan Lembar Kerja
Alat dan bahan Percobaan Pengujian Larutan Dengan Indikator
1) Alat
- Rak tabung reaksi : 1 buah
- Tabung rekasi : 22 buah
- Pipet tetes : 1 buah
- Kertas lakmus merah : 13 lembar
- Kertas lakmus biru : 13 lembar
2) Bahan
- Air suling yang sudah didihkan : secukupnya
- Larutan asam cuka : secukupnya
- Air kapur : secukupnya
- Air sabun : secukupnya
- Larutan garam dapur : secukupnya
- Air jeruk : secukupnya
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Ada berapa jenis zat yang kamu ketahui?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
- Apa perbedaan sifat ekstensif dan sifat intensif suatu zat?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari Pengertian Materi dan Zat pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan Jelajah Konsep melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab mendata untuk membuktikan bahwa materi memiliki massa.
2) Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat pada penyelidikan sifat zat padat, zat cair, dan gas (Jelajah Konsep).
3) Meminta peserta didik mempelajari konsep sifat ekstensif dan sifat intensif zat kemudian menentukan materi esensial yang telah dibacanya, kemudian mendiskusikannya dengan sesama anggota kelompoknya.
4) Meminta peserta didik mengamati perubahan wujud (meleleh dan membeku) pada Jelajah Konsep dalam Buku IPA Terpadu.
Mengumpulkan Data
5) Memerintahkan peserta didik menuliskan pengertian materi dan zat, dan menuliskan contoh-contoh zat dalam kehidupan sehari-hari.
6) Meminta peserta didik mencatat data sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas.
7) Meminta peserta didik untuk menuliskan sifat-sifat ekstensif dan intensif.
8) Memerintahkan kepada peserta didik untuk mencatat perubahan yang terjadi pada saat lilin dipanaskan, dan ketika lilin cair didinginkan.
Menanya
9) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan terkait dengan konsep materi/zat, sifat-sifat zat padat, zat cair, dan gas, serta perubahan wujud melebur dan membeku.
Mengasosiasi
10) Peserta didik melakukan kerja kelompok, berdiskusi, dan mengemukakan pendapat berdasarkan konsep yang dipelajari.
11) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
12) Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Materi dan Zat, Sifat-sifat Zat Padat, Zat Cair, dan Gas, serta Perubahan Wujud (melebur dan membeku).
Mengkomunikasikan
13) Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3) Memberikan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
4) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Perubahan Zat yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- Bagaimanakah sifat zat padat, zat cair, dan gas?
5) Motivasi (memberikan peserta didik lain untuk menyampaikan pendapat)
- Ada berapa jeniskah perubahan wujud zat itu?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dipelajari peserta didik
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik mempelajari konsep Perubahan Fisis pada buku IPA Terpadu, kemudian melakukan diskusi melalui kerja kelompok dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab menggarisbawahi materi esensial.
2) Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat pada saat es dipanaskan, air dipanaskan, uap air didinginkan, lilin dibakar, dan lilin cair didinginkan (Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu).
3) Meminta peserta didik untuk mengamati perubahan wujud zat penyubliman iodin (Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu).
Mengumpulkan Data
4) Memerintahkan peserta didik menuliskan ciri-ciri perubahan fisis beserta contohnya
5) Meminta kepada peserta didik untuk menuliskan data jenis perubahan wujud yang terjadi pada kegiatan Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
Menanya
6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan contoh perubahan fisis dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep perubahan fisis.
8) Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lain, dan dipersilakan memberikan saran dan pendapatnya.
9) Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Perubahan Fsisis dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengkomunikasikan
10) Peserta didik pada masing-masing membuat laporan hasil diskusi kemudian mempresentasikannya melalui perwakilan kelompok di depan kelas, dan memberikan kesempatan kelompok lain untuk mengemukakan pendapat dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja paling baik.
3) Memberikan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan soal uji kompetensi pada Buku IPA Terpadu.
4) Meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Perubahan Kimia untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
2. Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
- apa yang dimaksud dengan besaran fisis?
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Bagaimanakah bunyi Hukum Lavoisier?
6) Menuliskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari peserta didik.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi tentang Perubahan Kimia pada Buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan “Perubahan Kimia dan Fisika Suatu Zat” pada Lembar Kerja dalam buku IPA Terpadu dengan teliti, dan disiplin.
Mengumpulkan Data
3) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi tentang ciri-ciri perubahan kimia, dan ciri-ciri yang menyertai perubahan kimia.
4) Meminta kepada peserta didik untuk mencatat data hasil percobaan/pengamatan Lembar Kerja dalam buku IPA Terpadu.
Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi diskusi dan percobaan yang telah dilakukan.
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Perubahan Kimia dan Perubahan Fisika.
7) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain diberi kesempatan memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
8) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10) Meminta setiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat simpulan hasil pembelajaran.
11) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil pembelajaran dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dan memberikan konfirmasi hasil pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut dengan meminta peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi dan meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Susunan Partikel Zat, dan Adhesi dan Kohesi.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Memberikan apersepsi mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan (berpikir logis) sebagai berikut:
- Bagaimanakah perbedaan sifat antara zat padat dan sifat zat cair?
5) Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan pertanyaan;
Apakah perbedaan antara adhesi dan kohesi?
6) Menuliskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari peserta didik.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Memahami Susunan Partikel Zat Padat, Zat Cair, dan Gas” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2) Meminta peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Mengamati Terjadinya Adhesi dan Kohesi” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu, kemudian mendiskusikannya dengan anggota kelompok masing-masing.
Mengumpulkan Data
3) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil diskusi dan data hasil percobaan/pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep).
4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi yang lebih luas melalui berbagai referensi tentang Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.
Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Susunan Partikel Zat, Adhesi, dan Kohesi.
7) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
8) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
11) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil percobaan dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Meminta peserta didik menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman dengan teliti.
2) Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran.
5) Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi dan meminta kepada peserta didik untuk mempelajari konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3. Pertemuan Ketiga
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Bagaimanakah sifat zat cair?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Lebih besar manakah daya kapilaritas batang kelapa dibanding dengan batang padi?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang miniskus, kemudian melakukan pengamatan pada “Mengamati Miniskus Cekung dan Miniskus Cembung” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang kapilaritas, kemudian melakukan pengamatan pada “Mengamati Terjadinya Kapilaritas” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
3) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Massa Jenis, kemudian melakukan pengamatan pada “Menentukan Massa Jenis Minyak Tanah” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis.
Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis..
Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Konsep Miniskus, Kapilaritas, dan Massa Jenis.
8) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Massa Jenis Zat Padat, dan aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari-hari untuk pertemuan berikutnya.
5) Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi 5.7 (halaman 124).
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Faktor apakah yang mempengaruhi besar massa jenis suatu zat?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Mengapa kapal laut yang bahan bakunya besi atau tembaga dapat terapung di permukaan laut?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Menentukan Massa Jenis Aluminium dan Tembaga” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2) Peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan “Menentukan Massa Jenis Benda yang Bentuknya Tidak Teratur” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
3) Meminta peserta didik melakukan diskusi dan menentukan materi esensial tentang Aplikasi Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari dalam buku IPA Terpadu.
Mengumpulkan Data
4) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan menentukan massa jenis Aluminium, dan Tembaga (Jelajah Konsep), menentukan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur (Jelajah Konsep), dan menuliskan data hasil diskusi aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang menentukan massa jenis benda padat, dan massa jenis benda yang bentuknya tidak teratur.
Menanya
6) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan menentukan massa jenis zat padat.
Mengasosiasikan
7) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep Menentukan Massa Jenis Benda Padat, dan Massa Jenis Benda Padat yang Bentuknya Tidak Teratur.
8) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
10) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
11) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat kesimpulan.
12) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
13) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
14) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi serta mempelajari konsep Pemisahan Campuran, Asam, dan Basa, untuk pertemuan berikutnya.
4. Pertemuan Keempat
5. Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Apa perbedaan antara larutan homogen dan larutan heterogen?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara memperoleh air murni dari bahan baku air laut?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Pmisahan Campuran, kemudian melakukan pengamatan pada “Filtrasi Larutan Garam Dapur” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
2) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Penyulingan/Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi, kemudian melakukan pengamatan pada “Kromatografi” pada Jelajah Konsep dalam buku IPA Terpadu.
Mengumpulkan Data
3) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil pengamatan yang telah dilakukan pada Jelajah Konsep.
4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.
Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang Konsep Filtrasi, Destilasi, Kromatografi, dan Kristalisasi.
7) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
8) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dan berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat simpulan.
11) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru menanggapi hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Asam dan Basa untuk pertemuan berikutnya.
5) Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi.
Tatap Muka Ke: 2 (2 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
3) Memeriksa kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
Termasuk asam atau basakah sabun mandi itu?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Apakah perbedaan antara asam dan basa?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta peserta didik melakukan diskusi tentang Konsep Asam dan Basa, pada buku IPA Terpadu, kemudian menggarisbawahi materi esensial pada konsep tersebut. Selanjutnya peserta didik diminta untuk mendiskusikannya dengan anggota dalam kelompoknya masing-masing.
Mengumpulkan Data
2) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat materi esensial yang telah digarisbawahi pada buku IPA Terpadu.
3) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang Konsep Asam dan Basa.
Menanya
4) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan Konsep Asam dan Basa.
Mengasosiasikan
5) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang Konsep Asam dan Basa.
6) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
7) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
8) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
9) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat simpulan.
10) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
11) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
12) Guru menyelaraskan hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
2) Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
3) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
4) Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan Uji Kompetensi serta mempelajari Indikator Asam dan Basa, serta Konsep Garam, untuk pertemuan berikutnya.
6. Pertemuan Kelima
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Meminta peserta didik berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Guru meminta peserta didik berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Guru mengecek kehadiran peserta didik sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
- apa perbedaan antara asam dan basa?
5) Motivasi (membangkitkan peserta didik agar memiliki karakter ingin tahu)
- Bagaimanakah cara mengetahui suatu larutan tergolong asam atau basa?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dicapai peserta didik
b. Kegiatan inti (95 menit)
Mengamati
1) Peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang Konsep Indikator Asam dan Basa, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan pada percobaan “Pengujian Larutan dengan Indikator” pada Lembar Kerja dalam buku IPA Terpadu.
2) Meminta peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang Konsep Garam, kemudian menggarisbawahi materi esensial dari materi yang telah dibacanya.
Mengumpulkan Data
3) Meminta peserta didik pada setiap kelompok untuk mencatat data hasil percobaan yang telah dilakukan pada Lembar Kerja.
4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai referensi tentang pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.
Menanya
5) Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman peserta didik tentang konsep pengujian larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan biru.
7) Peserta didik diberi kesempatan untuk membandingkan percobaan diskusi dan percobaan antarkelompok, dan kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
8) Meminta masing-masing kelompok untuk melakukan diskusi antaranggota kelompok.
9) Memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
10) Meminta tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan percobaan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat peserta didik lain untuk membuat simpulan.
11) Merminta masing-masing kelompok memajangkan hasil karyanya di depan kelas dan mempresentasikannya secara klasikal.
12) Meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi dan menyampaikan pendapatnya.
13) Guru memberi konfirmasi terhadap hasil presentasi kelompok dalam pembelajaran.
c. Penutup (15 menit)
1) Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran dengan teliti.
2) Guru memeriksa pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Guru melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan objektif
4) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5) Guru memberikan tindak lanjut agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal Uji Kompetensi dan Latihan Ulangan dalam buku IPA Terpadu.
Tatap Muka Ke: 5 (2 jam pelajaran)
Ulangan Harian (2 x 40 menit)
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku IPA Terpadu: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2. Buku Kurikulum 2013 Kemdikbud
3. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4. Lembar Kerja Peserta didik
H. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda, Memasangkan, dan Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi sifat dan perubahan zat sebagai ciptaan Tuhan
|
||||
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
3
|
menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja sama baik secara individu maupun
berkelompok
|
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi sifat
dan perubahan zat sebagai ciptaan Tuhan
|
1: menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap sifat dan perubahan
zat dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap sifat
dan perubahan zat.
3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat terhadap sifat dan
perubahan zat yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
1: menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
1: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
c. Penilaian Pemahaman Konsep
1) Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2) Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3) Uraian (dalam buku IPA Terpadu)
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
I. Penilaian Pemahaman Konsep
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
1. Jumlah soal = 45 butir soal
2. Bobot tiap soal = 2
3. Skor Ideal = 45 x 2 = 90
B. Bentuk Soal Memasangkan
1. Jumlah soal = 25 butir soal
2. Bobot tiap soal = 3
3. Skor Ideal = 25 x 3 = 75
C. Bentuk Soal Uraian
1. Jumlah soal = 15 butir soal
2. Bobot soal = lihat tabel
3. Skor Ideal = 100
Tabel Penskoran
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
Skor Maks
|
|
1.
|
Menuliskan jawaban sebanyak
2 dan ada penjelasan
Menuliskan jawaban sebanyak
2 tetapi tidak ada penjelasan
Menuliskan jawaban sebanyak
1 dan ada penjelasan
Menuliskan jawaban
sebanyak 1 tetapi tidak ada penjelasan
|
8
6
4
2
|
8
|
|
2.
|
Menuliskan jawaban sebanyak
4 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
3 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
2 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
1 perbedaan
|
8
6
4
2
|
8
|
|
3.
|
Menuliskan jawaban secara
sistematis dan tepat
jawabannya
Menuliskan jawaban tidak
sistimatis dan tepat
Menjawab, tetapi jawaban
salah
|
6
4
2
|
6
|
|
4.
|
Menuliskan jawaban sebanyak
4
Menuliskan jawaban sebanyak
3
Menuliskan jawaban sebanyak
2
Menuliskan jawaban sebanyak
1
|
8
6
4
2
|
8
|
|
5.
|
Menuliskan jawaban sebanyak
4 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
3 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
2 perbedaan
Menuliskan jawaban sebanyak
1 perbedaan
|
8
6
4
2
|
8
|
|
6
|
a.
Menuliskan
4 perbedaan antara zat cair dan gas
|
8
|
8
|
|
b.
Menuliskan
3 perbedaan antara zat cair dan gas
|
6
|
|||
c.
Menuliskan
2 perbedaan antara zat cair dan gas
|
4
|
|||
d.
Menuliskan
1 perbedaan antara zat cair dan gas
|
2
|
|||
e.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
7
|
a.
Menjelaskan
penyebab raksa dalam tabung reaksi membentuk miniskus cembung dengan benar.
|
6
|
6
|
|
b.
Menjelaskan
penyebab raksa dalam tabung reaksi membentuk miniskus cembung tetapi jawaban
salah
|
2
|
|||
c.
Jika
tidak menjawab
|
0
|
|||
8
|
a.
Menuliskan
4 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
8
|
8
|
|
b.
Menuliskan
3 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
6
|
|||
c.
Menuliskan
2 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
4
|
|||
d.
Menuliskan
1 contoh gejala adesi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
2
|
|||
e.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
9
|
a.
Menuliskan
4 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
|
8
|
8
|
|
b.
Menuliskan
3 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
|
6
|
|||
c.
Menuliskan
2 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
|||
d.
Menuliskan
1 contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
|||
e.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
10
|
a.
Menuliskan
diketahui, ditanya, dan dijawab dengan benar
|
10
|
10
|
|
b.
Menulis
diketahui, ditanya, dan dijawab dengan jawaban sebagian besar benar
|
8
|
|||
c.
Menulis
diketahui, ditanya, tetapi jawaban salah
|
4
|
|||
d.
Hanya
ditulis diketahui, dan ditanya, tetapi tidak dijawab.
|
2
|
|||
11
|
a.
Menuliskan
3 ciri-ciri asam
|
6
|
6
|
|
b.
Menuliskan
2 ciri-ciri asam
|
4
|
|||
c.
Menuliskan
1 ciri-ciri asam
|
2
|
|||
12
|
a.
Menuliskan
3 ciri-ciri asam
|
6
|
6
|
|
b. Menuliskan 2 ciri-ciri asam
|
4
|
|||
c. Menuliskan 1 ciri-ciri asam
|
2
|
|||
13
|
a.
Menuliskan
perbedaan asam organik dan asam anorganik dengan sempurna
|
6
|
6
|
|
b.
Menuliskan
pengertian asam organic dengan benar, tetapi menuliskan pengertian asam
anorganik kurang tepat, atau sebaliknya.
|
4
|
|||
c.
Menuliskan
pengertian asam organic dan asam anorganik kurang tepat
|
2
|
|||
d.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
14
|
a.
Menuliskan
3 macam garam dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
|
9
|
9
|
|
b.
Menuliskan
3 macam garam tidak dilengkapi dengan penjelasan tetapi dilengkapi dengan
contohnya.
|
6
|
|||
c.
Menuliskan
3 macam garam tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
|
4
|
|||
d.
Menuliskan
2 macam garam tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya.
|
2
|
|||
e.
Menuliskan
1 macam garam, tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan dan contohnya
|
1
|
|||
f.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
15
|
a.
Menuliskan
masing-masing 2 contoh senyawa asam, basa, dan garam
|
10
|
10
|
|
b.
Menuliskan
masing-masing 2 contoh senyawa asam, dan basa, serta 1 contoh senyawa garam
|
8
|
|||
c.
Menuliskan
2 contoh senyawa asam, dan 1 senyawa basa, serta 1 senyawa garam
|
6
|
|||
d.
Menuliskan
masing-masing 1 contoh senyawa asam, basa, dan garam
|
4
|
|||
e.
Tidak
menjawab
|
0
|
|||
Nilai Akhir = (Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian)/2,8
= (90 + 75 + 115)/2,8
= 28/2,8
= 100
II. Penilaian Kinerja Ilmiah
A. Penilaian Proyek I (dalam Buku IPA Terpadu)
No
Soal
|
Aspek
|
Indikator
Penilaian
|
Skor
|
Skor
Maksi
mum
|
1
|
Jawaban
|
Menuliskan hasil pengamatan perubahan
kimia dalam
kehidupan sehari-hari:
|
10
|
|
a. Menuliskan 5 hasil
pengamatan dengan benar
|
10
|
|||
b. Menuliskan 4 hasil
pengamatan dengan benar
|
8
|
|||
c. Menuliskan 3 hasil
pengamatan dengan benar
|
6
|
|||
d. Menuliskan 2 hasil
pengamatan dengan benar
|
4
|
|||
e. Menuliskan 1 hasil
pengamatan dengan benar
|
2
|
|||
2
|
Jawaban
|
f. Jawaban ditulis secara benar,
rinci, dilengkapi dengan prinsip jenis perubahan yang terjadi.
|
10
|
10
|
g. Jawaban ditulis dengan benar,
rinci, tetapi tidak dilengkapi dengan jenis perubahan yang terjadi.
|
7
|
|||
h. Jawaban ditulis singkat tetapi
benar, dan tidak dilengkapi dengan jenis perubahan yang terjadi.
|
4
|
|||
Jawaban salah
|
2
|
|||
JUMLAH SKOR
|
20
|
B. Penilaian Proyek II (dalam Buku IPA Terpadu)
No
Soal
|
Aspek
|
Indikaor
Penilaian
|
Skor
|
Skor
Maksi
Mum
|
1
|
Jawaban
|
Menuliskan hasil pengamatan kelompok asam atau basa
dalam produk sehari-hari:
|
10
|
|
a. Menuliskan 5 hasil
pengamatan dengan benar
|
10
|
|||
b. Menuliskan 4 hasil pengamatan dengan benar
|
8
|
|||
c. Menuliskan 3 hasil
pengamatan dengan benar
|
6
|
|||
d. Menuliskan 2 hasil
pengamatan dengan benar
|
4
|
|||
e. Menuliskan 1 hasil
pengamatan dengan benar
|
2
|
|||
JUMLAH SKOR
|
10
|
C. Penilaian Produk
1. Membuktikan Bahwa Gas Termasuk Materi yang Mempunyai Volume
TINGKAT
|
Sempurna
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
SKOR
|
KRI
TERIA
|
|||||
Desain
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Teknis
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Este
tika
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Fungsi
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
Alat peraga telah diuji coba dan dapat
berfungsi dengan baik
|
Alat peraga belum diuji coba dan dapat
berfungsi dengan baik
|
Alat peraga berfungsi kurang baik
|
Alat peraga tidak dapat berfungsi
|
||
TOTAL SKOR
|
2. Rubrik Penilaian Psikomotor Mendaur Ulang Lilin Bekas
TINGKAT
|
Sempurna
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
SKOR
|
KRITERIA
|
|||||
Desain
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Teknis
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Hasil
Akhir
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
TOTAL SKOR
|
D. Penilaian Produk II
Membuat Indikator Asam-Basa Alami dari Bunga
TINGKAT
|
Sempurna
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
SKOR
|
KRITERIA
|
|||||
Teknis
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
Hasil
Akhir
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||
TOTAL SKOR
|
Medan, ……………………………
Mengetahui: Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
.......................................... YENI PURWATI, S. Pd
NIP : NIP :
The best casino to play online for money | Deccasino
BalasHapusIf you're looking for a top online casino you have come to the หาเงินออนไลน์ right 바카라사이트 place, The Best Casino in Vegas is right here. Our team of 메리트 카지노 expert