SILABUS
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Mata Pelajaran :
IPA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.2.Mengidentifikasi ciri hidup dan tidak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang
ada di lingkungan sekitar.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup dengan
benar.
Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan
observasi dengan benar.
Membedakan ciri-ciri tumbuhan, hewan dan manusia secara teliti dan
cermat.
|
Ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup dan benda tak hidup.
Melakukan percobaan fotosintesis untuk mengetahui
hasil-hasil fotosintesis.
Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh jenis
rangsangan pada tanaman putri malu terhadap lama efek rangsangan.
Melakukan percobaan untuk menyelediki respirasi pada hewan.
|
Pengamatan sikap
Portofolio.
Penilaian kinerja.
|
10 X 40 menit
|
Sumber : Eka Purjiyanta,
M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa Benda-benda hidup dan tak hidup. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"