Just Give Me a Reason

Minggu, 30 November 2014

SILABUS CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP



SILABUS CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Mata Pelajaran                    : IPA
Satuan Pendidikan              : SMP/MTs
Kelas/Semester                    : VII/1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.



3.2.Mengidentifikasi ciri hidup dan tidak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.


Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup dengan benar.

Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan observasi dengan benar.

Membedakan ciri-ciri tumbuhan, hewan dan manusia secara teliti dan cermat.

Ciri-ciri makhluk hidup.


Mengelompokkan makhluk hidup dan benda tak hidup.

Melakukan percobaan fotosintesis untuk mengetahui hasil-hasil fotosintesis.

Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh jenis rangsangan pada tanaman putri malu terhadap lama efek rangsangan.

Melakukan percobaan untuk menyelediki respirasi pada hewan.


Pengamatan sikap

Portofolio.

Penilaian kinerja.

10 X 40 menit


Sumber : Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.

Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa

Benda-benda hidup dan tak hidup.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"