RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Satuan Pendidikan : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok : Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit ( 2 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1) Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati. Indikator:
a. membedakan makhluk hidup yang satu dengan lainnya
b. mendeskripsikan pentingnya klasifikasi makhluk hidup
c. membuat perbandingan ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
d. mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di sekitar berdasarkan ciri yang dimiliki
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melakukan kegiatan klasifikasi makhluk hidup, siswa menunjukkan kekaguman terhadap keesaan Tuhan.
2. Melakukan pengamatan variasi individu dan klasifikasi makhluk hidup, siswa menunjukkan perilaku ilmiah: rasa ingin tahu (curiosity), jujur, teliti, cermat dan tekun dalam aktifitas sehari-hari
Pertemuan ke: 1.
3. Melalui kegiatan pengamatan terhadap variasi individu, siswa dapat:
a.mengelompokkan makhluk hidup.
4. Melalui kegiatan pengelompokkan tumbuhan, siswa dapat:
a. mengetahui manfaat tumbuhan.
Pertemuan ke: 2.
5. Melalui kegiatan mewmpelajari kepustakaan tentang klasifikasi makhluk hidup , siswa dapat:
a.mengelompokkan makhluk hidup
b.mempelajari makhluk hidup dengan mudah.
6. Setelah melakukan perbandingan antara belalang dan kupu-kupu, siswa dapat:
a. mengetahui persamaannya.
b. mengetahui perbedaannya.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1.Variasi individu
2 Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaat.
3.Klasifikasi makhluk hidup
4.Perbandingan ciri antara belalang dengan kupu-kupu..
D. PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode Pembelajaran : Discovery dan diskusi Informasi
E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
a. Charta dan tabel pengamatan.
b. Perangkat percobaan variasi individu, mengelompokkan tumbuhan,dan perbandingan
antara belalang dengan kupu-kupu.
2. Alat dan Bahan
a. Alat dan bahan Pengamatan Variasi Individu (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Siswa
|
Sejumlah siswa di kelas
|
2.
|
Alat tulis
|
1 set
|
3.
|
Tabel pengamatan
|
1
|
b. Alat dan bahan Pengamatan mengelompokkan tumbuhan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Tumbuhan
|
Secukupnya
|
3.
|
Alat tuliss
|
1 set
|
2.
|
Tabel pengamatan
|
1
|
|
|
|
c. Alat dan bahan Pengamatan perbandingan ciri tubuh belalang dan kupu-kupu (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Belang/charta
|
1
|
4.
|
Jaring penangkap belalang/kupu-kupu
|
Secukupnya
|
2.
|
Kupu-kupu/charta
|
1
|
5.
|
Tabel pengamatan
|
1
|
3.
|
Kaca Pembesar
|
1
|
6.
|
Alat tulis
|
1 set
|
4.
|
Kawat kecil
|
Secukupnya
|
|
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:ciri-ciri kehidupan.
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
guru menanyakan: apakah persamaan dan perbedaan ciri-ciri fisik antara siswa yang satu dengan siswa yang lain ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1). Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2). Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing ciri-ciri makhluk hidup dengan cermat (eksplorasi)
Menanya:
3). Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4). Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5). Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian ciri-ciri makhluk hidup (elaborasi)
Mengasosiasikan
6). Melakukan pengecekan pemahaman tentang konsep variasi individu..
7). Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8). Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9). Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang konsep variasi individu dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10). Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan
pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11). Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a. Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
b. Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
c. Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
d. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
e. Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu.
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran minggu yang lalu, yaitu variasi individu dengan pertanyaan: sebutkan dasar pengelompokkan makhluk hidup?
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah dasar pengelompokkan pada tumbuhan ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1). Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaatnya.
2). Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3). Siswa mengamati rancangan kegiatan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaatnya.
Menanya
4). Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada kegatan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaatnya.
5). Siswa mengajukan pertanyaan terkait kegiatan yang akan dilakukan.
Mengumpulkan data
Siswa melakukan kegiatan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaat.
6). Siswa mencatat hasil kegiatan pengelompokkan tumbuhan berdasar manfaat.
Mengasosiasi
7). Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaat dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
8). Siswa membandingkan hasil prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
9) Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil kegiatan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan manfaat.
Mengkomunikasikan
10) Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil kegiatannya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1). Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa pengelompokkan tumbuhan.
2). Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
2. Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:variasi individu.
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah dasar pengelompokkan makhluk hidup ?
- guru menanyakan: apakah ada di dunia ini 2 individu yang mempunyai ciri fisik yang sama dalam segala hal ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1) Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2) Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentang klasifikasi makhluk hidup dengan cermat (eksplorasi)
Menanya:
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4) Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang klasifikasi makhluk hidup (elaborasi)
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman tentang konsepklasifikasi makhluk hidup
7) Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8) Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang konsep klasifikasi makhluk hidupmemberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10) Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11) Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
2) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
3) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
4) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
Ulangan Harian.
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku IPA Terpadu Tim Abdi Guru: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2. Buku IPA kurikulum 2013 Kemdikbud
3. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4. Lembar Kerja Peserta didik
H. PENILAIAN
1.Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda, Memasangkan, dan Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.Instrumen
a.Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi energi
ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin
tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
3: menunjukkan
ekspresi kekaguman bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara
eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh
minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.
1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan
verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa
ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa
ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu.
2: berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
b. Penilaian Pemahaman Konsep
1) Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2) Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3) Uraian (dalam buku IPA Terpadu)
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
1. Jumlah soal = 20 butir soal
2. Bobot tiap soal = 1
3. Skor Ideal = 20 x 1 = 20
B. Bentuk Soal Memasangkan
1. Jumlah soal = 10 butir soal
2. Bobot tiap soal = 3
3. Skor Ideal = 10 x 3 = 30
C. Bentuk Soal Uraian
1. Jumlah soal = 5 butir soal
2. Bobot soal = lihat table
3. Skor Ideal = 50
Tabel Penskoran
No
Soal
|
Hasil
Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
a.
Dijawab lengkap 3 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 2 benar
|
6
|
||
c.
Dijawab 1 benar
|
3
|
||
d.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
2
|
a.
Dijawab lengkap 5 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 4 benar
|
8
|
||
c.
Dijawab 3 benar
|
6
|
||
d.
Dijawab 2 benar
|
4
|
||
e.
Dijawab 1 benar
|
2
|
||
f.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
3
|
a.
Dijawab lengkap 2 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 1 benar
|
5
|
||
c.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
4
|
a.
Dijawab lengkap 4 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 3 benar
|
8
|
||
c.
Dijawab 2 benar
|
5
|
||
d.
Dijawab 1 benar
|
3
|
||
e.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
5
|
a.
Dijawab lengkap 4 dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab 3 benar
|
18
|
||
c.
Dijawab 2 benar
|
5
|
||
d.
Dijawab 1 benar
|
3
|
||
e.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
|
|
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
|
50
|
Nilai Akhir = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
= 20 + 30 + 50
= 100
c. Penilaian Kinerja Ilmiah
1. Penilaian Proyek (dalam buku IPA Terpadu)
2. Penilaian Produk (dalam buku IPA Terpadu)
A. Penilaian Proyek
Hasil
Kegiatan
|
Skor
|
Skor
Maksimum
|
a.
Dibuat, benar dan diberi keterangan
|
10
|
10
|
b.
Dibuat, benar dan tak diberi keterangan
|
5
|
|
c.
Dibuat, salah dan diberi keterangan
|
3
|
|
d.
Dibuat, salah dan tak diberi keterangan
|
0
|
B. Penilaian Produk
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MAKHLUK HIDUP DAN CARA BERKEMBANG BIAK
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………… 4. …………………………
2. ……………………… 5. …………………………
3. ………………………
HASIL
PENGERJAAN SOAL
|
SKOR
|
SKOR
MAKSIMAL
|
a.
Dijawab lengkap 5 dan benar
|
8
|
10
|
b.
Dijawab 4 benar
|
6
|
|
c.
Dijawab 3 benar
|
4
|
|
d.
Dijawab 2 benar
|
2
|
|
e.
Dijawab 1 benar
|
0
|
|
f.
Tak ada jawaban
|
|
Medan,…………………..
Mengetahui: Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
.......................................... YENI PURWATI, S. Pd
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"