SILABUS KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
Mata Pelajaran :
IPA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.3 Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan ben-benda tak hidup sebagai bagian kerja
ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak
hidup berdasarkan ciri yang diamati.
|
Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri
khusus yang dimilikinya dengan benar.
Mendeskripsikan pentingnya klasifikasi makhluk hidup dengan peduli
lingkungan.
Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
dengan menghargai keberagaman secara kerja sama dan percaya diri.
Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di sekitar berdasarkan ciri yang
dimiliki dengan benar.
|
Klasifikasi makhluk hidup.
|
Mengamati variasi ciri fisik teman dalam satu kelompok.
Mengelompokkan tumbuhan menjadi kelompok sayuran,
buah-buahan dan bunga.
Membuat urutan takson untuk tumbuhan dan hewan(klasifikasi
makhluk hidup).
Melengkapi nama-nama ilmiah dari organisme. |
Pengamatan sikap.
Portofolio.
Penilaian kinerja.
|
10 X 40 menit
|
Sumber : Eka Purjiyanta,
M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa Fisik teman, berbagai tumbuhan dan hewan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"