Just Give Me a Reason

Minggu, 30 November 2014

SILABUS KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP



SILABUS KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Mata Pelajaran                    : IPA
Satuan Pendidikan              : SMP/MTs
Kelas/Semester                    : VII/1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.


3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan ben-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati.


Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya dengan benar.

Mendeskripsikan pentingnya klasifikasi makhluk hidup dengan peduli lingkungan.

Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom dengan menghargai keberagaman secara kerja sama dan percaya diri.

Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di sekitar berdasarkan ciri yang dimiliki dengan benar.



Klasifikasi makhluk hidup.


Mengamati variasi ciri fisik teman dalam satu kelompok.

Mengelompokkan tumbuhan menjadi kelompok sayuran, buah-buahan dan bunga.

Membuat urutan takson untuk tumbuhan dan hewan(klasifikasi makhluk hidup).

 Melengkapi nama-nama ilmiah dari organisme.



Pengamatan sikap.

Portofolio.

Penilaian kinerja.


10 X 40 menit


 Sumber : Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.

 Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa

Fisik teman, berbagai tumbuhan dan hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"