RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
ORGANISASI KEHIDUPAN
Satuan Pendidikan : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok : Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu : 15 x 40 menit (3 kali pertemuan)
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai daari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel. Indikator:
a. menjelaskan bagian-bagian sel
b. membedakan sel tumbuhan dengan sel hewan
c. menjelaskan dan memberi contoh jaringan
d. menjelaskan dan memberi contoh organ
e. menghubungkan sel, jaringan, organ dan sistem organ sebagi penyusun tubuh organisme.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melakukan kegiatan pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan, siswa menunjukkan kekaguman terhadap keesaan Tuhan.
2. Melakukan pembuatan preparat(obyek pengamatan), siswa menunjukkan perilaku ilmiah: rasa ingin tahu (curiosity), jujur, teliti, cermat dan tekun dalam aktifitas sehari-hari
Pertemuan ke: 1.
3. Melalui kegiatan pengamatan terhadap sel, siswa dapat:
menyebutkan bagian-bagian sel.
menjelaskan fungsi bagian-bagian sel
Pertemuan ke: 2
4. Melalui kegiatan pembuatan preparat, siswa dapat:
mengetahui pembuatan preparat dengan benar
Pertemuan ke: 3
5. Melalui kegiatan studi pustaka, siswa dapat menjelaskan urutan organisasi kehidupan dimulai dari sel sampai organisme.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengamatan sel.
2. Bagian-bagin sel
3. Pembuatan preparat (obyek pengamatan)
4. Jaringan pada tumbuhan
5. Jaringan pada hewan
6. Organ, sistem organ dan organisme.
D. PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode Pembelajaran : Discovery dan diskusi Informasi
E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
a. Charta dan tabel pengamatan.
b. Perangkat pengamatan sel dan pembuatan preparat.
2. Alat dan Bahan
a. Alat dan bahan Pengamatan sel tumbuhan dan hewan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Mikroskop
|
1
|
5.
|
Tusuk gigi
|
1
|
2.
|
Kaca obyek
|
1
|
6.
|
Tissu
|
secukupnya
|
3.
|
Kaca penutup
|
1
|
7.
|
Cutter
|
1
|
4.
|
Pipet tetes
|
1
|
8.
|
Air
|
secukupnya
|
b. Alat dan bahan Pembuatan preparat (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Batang tumbuhan pacar air
|
Secukupnya
|
4.
|
Pipet
|
1
|
2.
|
Kaca obyek
|
1
|
5.
|
Cutter
|
1
|
3.
|
Kaca penutup
|
1
|
6.
|
Air
|
Secukupnya
|
c. Alat dan bahan PeNamatan jaringan pada tumbuhan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Mikroskop
|
1
|
4.
|
Pipet tetes
|
1
|
2.
|
Cutter
|
1
|
5.
|
Air
|
Secukupnya
|
3.
|
Kaca obyek dan
penutup
|
1 batang
|
7.
|
Daun tipis
|
Secukupnya
|
d. Alat dan bahan Pengamatan jaringan pada hewan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Mikroskop
|
1
|
5.
|
Preparat tulang rawan
|
1
|
2.
|
Preparat sel otot polos
|
1
|
6.
|
Preparat tulang keras
|
1
|
3.
|
Preparata sel otot lurik
|
1
|
7.
|
Preparat sel syaraf
|
1
|
4.
|
Preparat sel otot jantung
|
1
|
8.
|
Preparat sel darah
|
1
|
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing- masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:apakah pertumbuhan itu ?
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah sel itu ? Bagaimana susunan sel itu ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati:
1) Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti.
2) Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentang sel dengan cermat (eksplorasi)
Menanya:
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4) Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang sel (elaborasi)
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman tentang sel.
7) Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8) Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang sel dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10) Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11) Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran yang lalu, yaitu tentang sel dengan pertanyaan: sebutkan bagian-bagian sel?
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah fungsi bagian-bagian sel tersebut ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada proses pengamatan sel..
2) Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3) Siswa mengamati rancangan kegiatan percobaan proses pengamatan sel
Menanya
4) Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada pengamatan sel.
5) Siswa mengajukan pertanyaan terkait percobaan yang akan dilakukan.
Mengumpulkan data
6) Siswa melakukan pengamatan sel.
7) Siswa mencatat hasil pengamatan sel.
Mengasosiasi
8) Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang sel dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
9) Siswa membandingkan hasil prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
10) Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil pengamatan sel.
Mengkomunikasikan
11) Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatannya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa hasil pengamatan sel.
2) Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
2. Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2) Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3) Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4) Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:mikroskop.
5) Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah preparat itu?
- guru menanyakan: bagaimana pembuatan preparat itu?
6) Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 55 menit)
Mengamati:
1) Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2) Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentang pembuatan preparat (eksplorasi)
Menanya:
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4) Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang pembuatan preparat (elaborasi)
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman tentang pembuatan preparat.
7) Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8) Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang pembuatan preparat dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10) Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11) Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif.
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
1) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran yang lalu, yaitu tentang sel dengan pertanyaan: sebutkan bagian-bagian sel?
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah jaringan itu ?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1) Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada pengamatan jaringan.
2) Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3) Siswa mengamati rancangan kegiatan pengamatan jaringan.
Menanya
4) Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada pengamatan jaringan..
5) Siswa mengajukan pertanyaan terkait percobaan yang akan dilakukan.
Mengumpulkan data
6) Siswa melakukan pengamatan jaringan.
7) Siswa mencatat hasil pengamatan jaringan.
Mengasosiasi
8) Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang jaringan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
9) Siswa membandingkan hasil prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
10) Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil pengamatan jaringan
Mengkomunikasikan
11) Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatannya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa hasil pengamatan jaringan.
2) Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3. Pertemuan Ketiga
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1). Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2). Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3). Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4). Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:jaringan.
5). Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah ornanisme itu?
- guru menanyakan: orga, sistem organ itu?
6). Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.
b. Kegiatan Inti ( 95 menit)
Mengamati:
1) Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2) Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentangorgan, sistem organ dan organisme (eksplorasi)
Menanya:
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.
Mengumpulkan data:
4) Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang organ, sistem organ dan organisme(elaborasi)
Mengasosiasikan
6) Melakukan pengecekan pemahaman tentang organ, sistem organ dan organisme.
7) Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi.
8) Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.
Mengkomunikasikan
9) Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang organ, sistem organ dan organisme serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10) Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11) Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1) Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2) Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
3) Melakukan penilaian pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
4) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran kooperatif.
5) Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
Ulangan Harian.
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku IPA Terpadu Tim Abdi Guru: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2. Buku IPA Kurikulum 2013 Kemdikbud
3. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4. Lembar Kerja Peserta didik
H. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda, Memasangkan, dan Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi energi
ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin
tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
3: menunjukkan
ekspresi kekaguman bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara
eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh
minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.
1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan
verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin
tahu
|
3: menunjukkan rasa
ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa
ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu.
2: berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
b. Penilaian Pemahaman Konsep
1) Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2) Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3) Uraian (dalam buku IPA Terpadu)
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
1. Jumlah soal = 25 butir soal
2. Bobot tiap soal = 1
3. Skor Ideal = 25 x 1 = 25
B. Bentuk Soal Memasangkan
1. Jumlah soal = 10 butir soal
2. Bobot tiap soal = 2,5
3. Skor Ideal = 10 x 2,5 = 25
C. Bentuk Soal Uraian
1. Jumlah soal = 5 butir soal
2. Bobot soal = lihat tabel
3. Skor Ideal = 50
Tabel Penskoran
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a. Dijawab lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab
sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
2
|
a. Dijawab
lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab
sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab
sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak
ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
3
|
a. Dijawab lengkap 3 dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab
2 benar
|
6
|
||
c. Dijawab
1 benar
|
3
|
||
d. Tak
ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
4
|
a. Dijawab
lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab
sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab
sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak
ada jawaban
|
0
|
||
|
|
|
|
5
|
a. Dijawab
lengkap 2 dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab
1 benar
|
5
|
||
c. Tak
ada jawaban
|
0
|
||
|
|
||
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
|
50
|
Nilai Akhir = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
= 25 + 25 + 50
= 100
c. Penilaian Kinerja Ilmiah
1) Penilaian Proyek (dalam buku IPA Terpadu)
2) Penilaian Produk (dalam buku IPA Terpadu)
A. Penilaian Proyek
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a. Dijawab lengkap 2 dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab 1 benar
|
5
|
|
c. Tak ada jawaban
|
0
|
B. Penilaian Produk
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MODEL SEL
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………… 4. …………………………
2. ……………………… 5. …………………………
3. ………………………
Laporan / Hasil karya
KRITERIA
|
SKOR
|
SKOR
|
|||
5
|
4
|
3
|
2
|
||
Desain
|
Gambar
baik, ada keterangan
|
Gambar
baik, tidak ada keterangan
|
Gambar
tidak baik,
ada ketearngan
|
Gambar
tidak baik,
tidak ada keterangan
|
|
Kerapian
|
Sel benar, letak proporsional
|
Sel benar, letak
tidak proporsional
|
Sel tidak benar,
letak proporsional
|
Sel tidak benar,
letak tidak proporsional
|
|
Fungsi
|
Berfungsi
sempurna
|
Berfungsi baik
|
Berfungsi
kurang baik
|
Tidak
berfungsi
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Medan, ……………………………
Mengetahui: Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
.......................................... YENI PURWATI, S. Pd
NIP : NIP :
Apa bisa minta tlg meng-emil-kan rubrik penilaian siswa menuliskan ungkapan kekagumana terhadap tuhan YME dan model sel yang dimasud di atas
BalasHapus