Just Give Me a Reason

Rabu, 05 November 2014

RPP KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP ORGANISASI KEHIDUPAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
ORGANISASI KEHIDUPAN

Satuan Pendidikan     : SMP Perguruan Islam Amalia
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester       : VII / 1
Materi Pokok           : Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu          :  15 x 40 menit (3 kali pertemuan)

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.

3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai daari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel.  Indikator:
a.  menjelaskan bagian-bagian sel
b.  membedakan sel tumbuhan dengan sel hewan
c.  menjelaskan dan memberi contoh jaringan
d.  menjelaskan dan memberi contoh organ
e.  menghubungkan sel, jaringan, organ dan sistem organ sebagi penyusun tubuh organisme.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melakukan kegiatan pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan, siswa menunjukkan kekaguman terhadap keesaan Tuhan.
2.    Melakukan pembuatan preparat(obyek pengamatan), siswa menunjukkan perilaku ilmiah: rasa ingin tahu (curiosity), jujur, teliti, cermat dan tekun dalam aktifitas sehari-hari

Pertemuan ke: 1.
3.    Melalui kegiatan pengamatan terhadap sel, siswa dapat:
menyebutkan bagian-bagian sel.
menjelaskan fungsi bagian-bagian sel

Pertemuan ke: 2
4.    Melalui kegiatan pembuatan preparat, siswa dapat:
mengetahui pembuatan preparat dengan benar

Pertemuan ke: 3
5.    Melalui kegiatan studi pustaka, siswa dapat menjelaskan urutan organisasi kehidupan dimulai dari sel sampai organisme.   
          
C. MATERI PEMBELAJARAN  
1.    Pengamatan sel.
2.    Bagian-bagin sel
3.    Pembuatan preparat (obyek pengamatan)
4.    Jaringan pada tumbuhan
5.    Jaringan pada hewan
6.    Organ, sistem organ dan organisme.

D. PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan                        : Scientific 
2. Metode Pembelajaran        : Discovery dan diskusi  Informasi

E. MEDIA, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
1. Media
     a. Charta dan tabel pengamatan.
b. Perangkat pengamatan sel dan pembuatan preparat.

2. Alat dan Bahan
 a. Alat dan bahan Pengamatan sel tumbuhan dan hewan (untuk setiap kelompok)

No.
Jenis
Jumlah
No
Jenis
Jumlah
1.
Mikroskop
1
5.
Tusuk gigi
1
2.
Kaca obyek
1
6.
Tissu
secukupnya
3.
Kaca penutup
1
7.
Cutter
1
4.
Pipet tetes
1
8.
Air
secukupnya


b. Alat dan bahan Pembuatan preparat (untuk setiap kelompok)

No.
Jenis
Jumlah
No
Jenis
Jumlah
1.
Batang tumbuhan pacar air
Secukupnya
4.
Pipet
1
2.
Kaca obyek
1
5.
Cutter
1
3.
Kaca penutup
1
6.
Air
Secukupnya

c. Alat dan bahan PeNamatan jaringan pada tumbuhan (untuk setiap kelompok)

No.
Jenis
Jumlah
No
Jenis
Jumlah
1.
Mikroskop
1
4.
Pipet tetes
1
2.
Cutter
1
5.
Air
Secukupnya
3.
 Kaca obyek dan penutup
1 batang
7.
Daun tipis
Secukupnya


d. Alat dan bahan Pengamatan jaringan pada hewan (untuk setiap kelompok)

No.
Jenis
Jumlah
No
Jenis
Jumlah
1.
Mikroskop
1
5.
Preparat tulang rawan
1
2.
Preparat sel otot polos
1
6.
Preparat tulang keras
1
3.
Preparata sel otot lurik
1
7.
Preparat sel syaraf
1
4.
Preparat sel otot jantung
1
8.
Preparat sel darah
1

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.  Pendahuluan ( 10 menit )
1).     Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2).     Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-  masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3).     Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4).     Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:apakah pertumbuhan itu ?
5).     Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah sel itu ? Bagaimana susunan sel itu ?
6).     Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.

b.     Kegiatan Inti (95 menit)
    Mengamati:
1)    Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti.
2)    Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentang sel dengan cermat (eksplorasi)

    Menanya:
3)    Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.

Mengumpulkan data:
4)    Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5)     Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang sel (elaborasi)

Mengasosiasikan
6)      Melakukan pengecekan pemahaman  tentang sel. 
7)     Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi. 
8)     Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi  dengan kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)     Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang sel dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10)   Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11)  Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.

c.  Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)    Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2)    Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
4)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran    kooperatif.
5)    Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur    agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan    pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu 

  Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1).     Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2).     Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3).     Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
4).     Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran yang lalu, yaitu  tentang sel dengan pertanyaan: sebutkan bagian-bagian sel?
5).     Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah fungsi bagian-bagian sel tersebut ?
6).     Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.

b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1)    Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada proses pengamatan sel..
2)    Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3)    Siswa mengamati rancangan kegiatan percobaan proses pengamatan sel

Menanya
4)    Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada pengamatan sel.
5)    Siswa mengajukan pertanyaan terkait percobaan yang akan dilakukan.

Mengumpulkan data
6)    Siswa melakukan pengamatan sel.
7)    Siswa mencatat hasil pengamatan sel.


Mengasosiasi
8)    Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang sel dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
9)    Siswa membandingkan hasil   prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
10)  Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil pengamatan sel.

Mengkomunikasikan
11)    Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatannya.

c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)     Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa  hasil pengamatan sel.
2)     Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik

2. Pertemuan Kedua
Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.  Pendahuluan ( 10 menit )
1)     Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2)     Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3)     Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4)     Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:mikroskop.
5)     Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah preparat itu?
- guru menanyakan: bagaimana pembuatan preparat itu?
6)     Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.

b.     Kegiatan Inti ( 55 menit)
    Mengamati:
1)    Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2)    Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentang pembuatan preparat (eksplorasi)


Menanya:
3)    Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.

Mengumpulkan data:
4)    Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5) Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang pembuatan preparat (elaborasi)

Mengasosiasikan
6)    Melakukan pengecekan pemahaman  tentang pembuatan preparat.
7)      Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi. 
8)    Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi  dengan  kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.

Mengkomunikasikan
9)    Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang pembuatan preparat dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10)  Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11)    Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.

c.     Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)    Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2)    Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif.
4)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran    kooperatif.
1)    Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur    agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan    pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu


  Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan ( 10 menit )
 1).     Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
 2).     Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 3).     Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik siswa.
 4).     Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal peserta didik tentang pelajaran yang lalu, yaitu  tentang sel dengan pertanyaan: sebutkan bagian-bagian sel?
5).     Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan : apakah jaringan itu ?
6).     Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.

b. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1)     Meminta siswa membaca petunjuk dan langkah kerja pada pengamatan jaringan.
2)    Siswa duduk dalam tatanan kelompok kemudian berdiskusi mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan
3)    Siswa mengamati rancangan kegiatan pengamatan jaringan.

Menanya
4)    Berdasarkan rancangan siswa memprediksi apa yang akan dihasilkan pada pengamatan jaringan..
5)    Siswa mengajukan pertanyaan terkait percobaan yang akan dilakukan.

Mengumpulkan data
6)    Siswa melakukan pengamatan jaringan.
7)    Siswa mencatat hasil pengamatan jaringan.

Mengasosiasi
8)    Siswa berdiskusi secara kelompok membahas tentang jaringan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
9)    Siswa membandingkan hasil   prediksi dengan hasil percobaan yang telah dilakukan
10)  Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasil pengamatan jaringan


Mengkomunikasikan
11)    Siswa menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatannya.

c.   Kegiatan Penutup ( 15 menit )
 1)     Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa  hasil pengamatan jaringan.
 2)     Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik

3. Pertemuan Ketiga
 Tatap Muka Ke: 1 (3 jam pelajaran)
a.  Pendahuluan ( 10 menit )
1).     Meminta siswa berbaris secara disiplin untuk memasuki ruang kelas.
2).     Meminta siswa berdo’a (Religius) menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebagai rasa taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3).     Memeriksa kehadiran siswa sambil mengenal karakteristik peserta didik.
4).     Prasarat Pengetahuan untuk menguji kemampuan berpikir logis
menanyakan pengetahuan awal siswa tentang:jaringan.
5).     Motivasi (membangkitkan siswa agar memiliki karakter ingin tahu)
- guru menanyakan: apakah ornanisme itu?
- guru menanyakan: orga, sistem organ  itu?
6).     Menyampaikan tujuan pembelajaran.yang akan dikuasai siswa.

b.  Kegiatan Inti ( 95 menit)
    Mengamati:
1)    Meminta siswa membuka buku IPA Terpadu dengan teliti
2)    Meminta siswa menggaris bawahi kata-kata yang penting, kemudian menuliskan dalam buku masing-masing tentangorgan, sistem organ dan organisme (eksplorasi)

Menanya:
3)    Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan mengenai apa yang sudah dibaca dan yang dicatat.

Mengumpulkan data:
 4)    Meminta siswa duduk dalam tatanan kelompok dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dengan mengenal karakter siswa.
5)     Meminta siswa berdiskusi dan membandingkan hasil mencari pengertian tentang organ, sistem organ dan organisme(elaborasi)

Mengasosiasikan
 6)    Melakukan pengecekan pemahaman  tentang organ, sistem organ dan organisme.
7)     Memberikan kesempatan siswa menggali informasi lebih luas melalui referensi. 
8)    Siswa diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi  dengan  kelompok lain memberikan saran dan pendapatnya.

 Mengkomunikasikan
9)    Melakukan pengecekan pemahaman siswa tentang organ, sistem organ dan organisme serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat (konfirmasi)
10)   Meminta siswa kerja kelompok dan melakukan diskusi serta mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan yang benar
11)  Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.

c.  Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)    Meminta siswa menuliskan hasil belajar dengan membuat rangkuman secara teliti.
2)    Guru melakukan pengecekan pemahaman siswa dengan  memberikan pertanyaan secara lisan.
3)    Melakukan penilaian   pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan dengan jujur dan obyektif
4)    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik dalam pembelajaran    kooperatif.
5)    Guru memberikan tugas dan tindak lanjut Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur    agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memberikan    pelatihan penerapan Buku IPA Terpadu
 
  Tatap Muka Ke: 2 (2 Jam Pelajaran)
   Ulangan Harian.


G.  SUMBER BELAJAR
1.    Buku IPA Terpadu Tim Abdi Guru: Eka Purjiyanta, M.Pd., dkk. 2014. IPA Terpadu untuk  
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
2.    Buku IPA Kurikulum 2013 Kemdikbud
3.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan
4.    Lembar Kerja Peserta didik

H.  PENILAIAN
1.  Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
Tes Unjuk Kerja
Uji Petik Kerja dan Rubrik
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2.  Instrumen
a.  Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  energi  ciptaan Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok






    Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
3: menunjukkan ekspresi kekaguman bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.

 1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

b.  Penilaian Pemahaman Konsep
1)    Pilihan Ganda (dalam buku IPA Terpadu)
2)    Memasangkan (dalam buku IPA Terpadu)
3)    Uraian (dalam buku IPA Terpadu)

Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
A.    Bentuk Soal Pilihan Ganda
1.    Jumlah soal         = 25 butir soal
2.    Bobot tiap soal   = 1
3.    Skor Ideal          = 25 x 1  = 25

B.    Bentuk Soal Memasangkan
1.   Jumlah soal           = 10 butir soal
2.    Bobot tiap soal    = 2,5
3.   Skor Ideal            = 10 x 2,5 = 25

C.    Bentuk Soal Uraian
1.    Jumlah soal          = 5 butir soal
2.    Bobot soal          = lihat tabel
3.    Skor    Ideal        = 50

Tabel Penskoran

No
Soal
Hasil Pengerjaan soal
Skor
Skor Maksimal
1
a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
b.  Dijawab sebagian besar benar
6
  c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
d.  Tak ada jawaban
0


2
  a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
 b.  Dijawab sebagian besar benar
6
  c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
  d.  Tak ada jawaban
0


3
a.   Dijawab lengkap 3 dan benar
10
10
  b.  Dijawab 2 benar
6
  c.  Dijawab 1 benar
3
  d.  Tak ada jawaban
0


4
  a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10


  b.  Dijawab sebagian besar benar
6
  c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
  d.  Tak ada jawaban
0





5
  a.  Dijawab lengkap 2 dan benar
10
10
  b.  Dijawab 1 benar
5
  c.  Tak ada jawaban
0


JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN

50

Nilai Akhir     = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
        = 25 + 25 + 50
        = 100

c. Penilaian Kinerja Ilmiah
1)  Penilaian Proyek  (dalam buku IPA Terpadu)
2)  Penilaian Produk  (dalam buku IPA Terpadu)

A.  Penilaian Proyek

Hasil Kegiatan
Skor
Skor Maksimum
a.  Dijawab lengkap 2 dan benar
10
10
b.  Dijawab 1 benar
5
c.  Tak ada jawaban
0

B.  Penilaian Produk

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
MODEL SEL

Nama Kelompok    : ……………………………….
Anggota        : 1. ………………………    4. …………………………
                      2. ………………………    5. …………………………
                      3. ………………………


Laporan / Hasil karya

KRITERIA
SKOR
SKOR
5
4
3
2
Desain
Gambar baik,  ada keterangan
Gambar baik, tidak ada keterangan
Gambar tidak  baik,  ada ketearngan
Gambar tidak  baik,  tidak ada keterangan

Kerapian
Sel  benar, letak proporsional
Sel  benar, letak tidak proporsional
Sel  tidak benar, letak proporsional
Sel  tidak benar, letak tidak proporsional

Fungsi
Berfungsi sempurna
Berfungsi  baik
Berfungsi  kurang  baik
Tidak berfungsi

Jumlah Skor



                                                                                                         Medan, ……………………………
Mengetahui:                                                                                      Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah SMP Amalia
       

..........................................                                                               YENI PURWATI, S. Pd
NIP :                                                                                                 NIP :

1 komentar:

  1. Apa bisa minta tlg meng-emil-kan rubrik penilaian siswa menuliskan ungkapan kekagumana terhadap tuhan YME dan model sel yang dimasud di atas

    BalasHapus

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"