Just Give Me a Reason

Minggu, 30 November 2014

SILABUS BESARAN DAN PENGUKURAN



SILABUS  BESARAN DAN PENGUKURAN

Mata Pelajaran                    : IPA
Satuan Pendidikan              : SMP/MTs
Kelas/Semester                    : VII/1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Mengagumi  besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan Tuhan
 Besaran dan Pengukuran
Besaran dan Satuan
Pengukuran panjang, masa, waktu, dan suhu.
Pengukuran pada Makhluk Hidup


Pengamatan besaran dan pengukuran





















































Diskusi kelompok konsep Besaran Pokok dan Besaran Turunan
dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu

Pengamatan sikap

8 X 40 menit

Sumber : Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.

Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa

Referensi lain tentang Besaran dan Pengukuran
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari




2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
               
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari

memiliki rasa ingin tahu.
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok









Menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain.
Memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif





Menjaga kebersihan alat dan ruang yang digunakan dalam percobaan


Pengamatan sikap

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran

 mengidentifikasikan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
menggunakan sistem (satuan) internasional untuk menyatakan suatu besaran
mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa, dan waktu.
mengukur besaran pokok dengan satuan baku dan tak baku
mengukur besaran pokok dan turunan menggunakan alat ukur yang sesuai.


Tes Tertulis Pemahaman Konsep


4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan baku dan tak baku
mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.     


mengukur besaran panjang dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

mengukur diameter luar dan panjang sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan menggunakan jangka sorong.

mengukur diameter sebuah kawat tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku tulis dengan micrometer skrup.

mengukur massa sebuah kelereng, massa gelas kimia kosong, dan massa gelas kimia berisi air dengan menggunakan neraca Ohaus.

menghitung waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari rumah ke sekolah menggunakan arloji, dan waktu yang digunakan untuk berlari (sprint) 100 meter.

mengukur panjang, lebar kertas dengan penggaris, kemudian menentukan luas selembar kertas tersebut

menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas ukur.

menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur menggunakan gelas berpancuran, dan gelas ukur.

menentukan volume zat cair menggunakan gelas ukur.

mengukur pertumbuhan kecambah selama lima (5) hari, kemudian membuat laporan hasil pengamatan yang telah dilakukan bersama kelompoknya
Penilaian kinerja



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"