SILABUS BESARAN DAN PENGUKURAN
Mata Pelajaran :
IPA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Mengagumi besaran dan pengukuran sebagai keteraturan
ciptaan Tuhan
|
Besaran dan Pengukuran
Besaran dan
Satuan
Pengukuran panjang, masa, waktu, dan suhu.
Pengukuran pada Makhluk Hidup
|
Pengamatan
besaran
dan pengukuran
Diskusi kelompok konsep Besaran Pokok dan Besaran
Turunan
dalam kehidupan
sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
mengkonversi satuan panjang, massa,
dan waktu
|
Pengamatan
sikap
|
8 X 40 menit
|
Sumber
: Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs,
Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa Referensi lain tentang Besaran dan Pengukuran |
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas
sehari-hari
|
memiliki rasa ingin tahu.
menunjukkan ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
Menghargai hasil kerja individu
dalam kelompok dan kelompok lain.
Memberi penilaian hasil karya
kelompok secara objektif
Menjaga
kebersihan alat dan ruang yang digunakan dalam percobaan
|
Pengamatan
sikap
|
||||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
mengidentifikasikan besaran pokok
dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
menggunakan sistem (satuan)
internasional untuk menyatakan suatu besaran
mengkonversi satuan besaran pokok
panjang, massa, dan waktu.
mengukur besaran pokok dengan
satuan baku dan tak baku
mengukur besaran pokok dan turunan
menggunakan alat ukur yang sesuai.
|
Tes Tertulis
Pemahaman Konsep
|
||||
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran
terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
mengolah dan menyajikan data serta
menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan baku dan
tak baku
mengolah dan menyajikan data serta
menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
mengolah dan menyajikan data serta
menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.
|
mengukur besaran panjang dengan
satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
mengukur diameter luar dan panjang
sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang sebuah
gelas dengan menggunakan jangka sorong.
mengukur diameter sebuah kawat
tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku tulis dengan
micrometer skrup.
mengukur massa sebuah kelereng,
massa gelas kimia kosong, dan massa gelas kimia berisi air dengan menggunakan
neraca Ohaus.
menghitung waktu yang diperlukan
untuk menempuh jarak dari rumah ke sekolah menggunakan arloji, dan waktu yang
digunakan untuk berlari (sprint) 100 meter.
mengukur panjang, lebar kertas dengan penggaris,
kemudian menentukan luas selembar kertas tersebut
menentukan volume benda yang
bentuknya tidak teratur menggunakan gelas ukur.
menentukan volume benda yang
bentuknya tidak teratur menggunakan gelas berpancuran, dan gelas ukur.
menentukan volume zat cair
menggunakan gelas ukur.
mengukur pertumbuhan kecambah selama lima (5)
hari, kemudian membuat laporan hasil pengamatan yang telah dilakukan bersama
kelompoknya
|
Penilaian
kinerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"