SILABUS
ORGANISASI KEHIDUPAN
Mata Pelajaran :
IPA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.4 Mendeskripsikan keragaman
pada sistem organisasai kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
serta komposisi bahan kimia utama
penyusunnya.
|
Mendeskripsikan keragaman tingkat
sel berdasa dengan jujur.
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
dengan benar.
Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan
hasil pengamatan secara teliti dengan benar dan jujur.
Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ, sistem organ penyusun
tubuh dengan benar.
|
Keragaman sistem organisasi kehidupan.
|
Melakukan pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan
dengan menggunakan mikroskop.
Membandingkan stuktur sel tumbuhan dan sel hewan.
Membuat obyek pengamatan(preparat).
Melakukan pengamatan jaringan pada tumbuhan.
Melakukan pengamatan jaringan pada hewan.
Melengkapi tabel pembentuk dari organ, sistem organ dan
organisme.
|
Pengamatan sikap
Penilaian kinerja.
|
15 X 40 menit
|
Sumber : Eka Purjiyanta,
M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 1 untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa Sel hewan, sel tumbuhan, mikroskop. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan Tidak mengandung Unsur SARA, SEX dan POLITIK"